Apa Rasanya Hidup Tanpa TV dan SosMed di Tahun Segini? Gue Punya Jawabannya

guy emile hirsch scotch talented hirsch
Into the Wild. Sumber

Ini Christopher McCandless. Judul filmnya Into The Wild. Film ini berdasarkan cerita nyata soal doi ga setuju dengan kehidupan masyarakat yang materialistis, jadi doi cabut ninggalin kehidupannya. Doi cari arti hidupnya di alam dan ngabisin sisa hidupnya di sana.

Film itu salah satu inspirasi gue buat berani hidup beda dari yang lain. Gue ngerasa terlalu banyak gangguan (noise) yang buat gue jauh dari diri sendiri. Salah dua gangguannya ya dari TV dan SosMed. Jadi gue, selama 4,5 tahun ga pake sosmed dan 5 tahun lebih ga kebiasaan nonton tv (gue cerita soal ini di spoiler bawah). Tujuan gue share adalah gue pengen ngasih gambaran apa yang lo bakal rasain kalo lo mulai ngurang-ngurangin buang waktu di SosMed. Berhubung ini mau bulan Puasa, jadi momennya pas, lo bisa lebih punya banyak waktu buat kenal diri lo sendiri dan, tentunya, ibadah.


#1 – Lebih Kenal Diri Lo

Sumber

Lo akan lebih punya banyak waktu buat diri lo sendiri. Waktu yang banyak ini bisa lo pake buat lebih kenal diri lo sendiri. Misalnya:

 

  • Kok gue kurang bisa nahan emosi ya?
  • Kok gue kurang bisa konsentrasi ya?
  • Kok gue kalo ngomong sama orang, kedengerannya sinis ya?
  • Kok gue mikirnya loncat-loncat ya?

Kalo lo udah mulai berpikir begini, artinya self awareness lo naik. Self awareness ini penting bro karena self awareness ini berhubungan sama diri lo sendiri. Ibaratnya, TV dan Sosmed adalah kacamata buat lihat dunia luar, tapi ga jarang, kita kebanyakan lihat ke luar. Jarang ke diri sendiri. Akibatnya timbul iri liat postingan orang, delusional, FOMO dan lain-lain. Padahal diri sendiri masih banyak kekurangan. Self awareness ini juga berhubungan dengan gimana lo berdamai dengan diri lo sendiri loh agar hidup lo lebih happy.

 

#2 – Belajar jadi Diri Lo yang Lebih Baik

Buku.jpg
Yang kiri belum gue baca. Haha.

Setelah lo tau lo banyak kekurangan, lo akan berusaha memperbaiki kekurangan lo. Entah lo lebih ngurusin kebersihan, mulai olahraga, banyakin ibadah atau banyakin baca buku. Super penting juga nih. Persaingan dimana-mana, entah di sekolah, kantor atau bisnis. Hanya lo yang bisa ngangkat derajat lo dengan terus menerus ngembangin diri lo. Ibaratnya lo lagi di dalem jurang, tali penyelamat lo adalah belajar.

#3 – Lo Bisa Lebih Produktif

bojack horseman procrastination
Sumber

Ngaku aja deh. Penyebab utama lo nunda kerjaan pasti salah satunya scroll-scroll media sosial dan nongkrong depan TV nonton HBO atau D’Terong (sumpah, kalo lo nonton d’terong, gue pura-pura ga kenal). Jadi sebenernya banyak yang lo bisa kerjain dalam satu hari. Tapi gara-gara lo anggep update-an temen lo soal meme puasa lebih penting, banyak kerjaan yang ga kelar.

Sumpah, garing. Sumber

Dengan lo ngurangin waktu lo di media sosial, lo bisa kerja, belajar, nulis thread, olahraga, ibadah dan lain-lain. Waktu itu uang, bos. Saat lo sibuk sama media sosial lo, ada orang lain yang siap terima rejeki lo.


Recap

Setelah gue panjang-lebar, lo udah tau kan keuntungan ngurangin medsos dan TV, gue ada cara buat ngurang-ngurangin waktu lo di media sosial.

  1. Lo bisa pake aplikasi QualityTime, Offtime atau Break Free Cell Phone Addiction. Aplikasi itu gunanya buat ngetrack pemakaian gadget lo. Kegunaan lainnya adalah lo bisa set jam berapa aja lo boleh main medsos.
  2. Sedikit demi sedikit, kurangin waktu lo di medsos.
  3. Ganti kegiatan lo dengan kegiatan yang lebih produktif.

Sip deh, akhirnya beres juga gue share soal sosmed dan tv. Kaya thread-thread gue yang lain, thread ini akan jadi “rumah” buat nampung tulisan gue soal diet sosmed dan TV. Please klik subscribe, rate dan cendolin ya. Oya, soal cerita kenapa gue ga main medsos dan TV ada di bawah ini:


Ga Nonton TV

Gue kecewa sama kualitas TV Indo dan ga tertarik sama TV berbayar. Gue pikir, konsep TV itu ga fair. Lo dicokokin informasi tanpa lo bisa milih, men. Padahal ga semua informasi itu lo butuh. Contoh: kalo lo mau lihat berita soal A, lo harus nunggu/dengerin berita lain dan iklan dulu, sebelum berita A dibacain. Shit. Gue cuma butuh berita dan informasi yang gue mau, gue bisa dapet itu dari internet, majalah dan buku.

Ga Punya Sosmed

Selain buat keperluan yang produktif (usaha dan nulis), gue ga punya sosmed yang aktif. Haha. You name it.

  • Facebook: not active
  • Twitter: not active
  • Path: scroll-scroll ngintipin idup orang? ga guna buat gue
  • Instagram: no no, buang waktu
  • Google +: kuburan robot
  • Snapchat: jangan tanya

Channel online gue yang aktif ya ini; WordPress udah setahun, Kaskus belum seminggu. Gue baru 1,5 tahun terakhir aktif online lagi setelah 3 tahun hanya pake Nokia yang masih Symbian. Selama 4,5 tahun, hidup ane fine-fine aja tanpa sosmed (kecuali kalo lo anggep ketinggalan meme itu ga fine ya). Pilihan, bukan karena ga punya duit. Gue lebih suka interaksi langsung sih.


Tulisan ini akan gue share di Kaskus juga. Jadi sorry kalo ada yang bingung dengan istilah-istilah Kaskusnya. Thank you for reading.

Advertisements

5 thoughts on “Apa Rasanya Hidup Tanpa TV dan SosMed di Tahun Segini? Gue Punya Jawabannya

  1. Halo bro, gue tau blog ini dr HT lu di Kaskus.

    Gue amat tertarik dengan tulisan ini karena gue juga sudah menerapkan hal yang sama. Awalnya gue addict sm yg namanya ig dan path, tp kalo di pikir2 ngapain gue liatin idup orang ya? Juga gue terpacu buat ‘pamer’ sisi bagus dalam hiduo gue di sosmed. Sucks.

    Gue seneng ada juga orang di belahan dunia ini yg satu minat sama gue. Yeay.

    Oh iya, sering baca theminimalist.com ? Soalnya blog itu tentang hal-hal seperti ini lah.

    *Filmnya emang keren btw

    Liked by 1 person

    1. Heyo!

      Thanks udah reply. Gue udah cek theminimalist.com. Keren!

      Gue juga tertarik ke minimalism, frugal life dari artikel-artikel yang gue baca di internet. Ga sampe titik ekstrim sih (ngapain juga?), gue terapin yang baik-baiknya di real life. Gue orangnya introspective dan suka mikir, jadi suka stress kalo pikiran penuh sama hal-hal yang sebenernya ga perlu gue pikirin. So I gave up on sosmed.

      Anyway, thanks again for reading my blog!

      Like

  2. Aaaahhhh it’s great! Gw rencana buat tulisan ttg membuang wktu di socmed sbnrnya. Oh sayangnya gw kurang konsisten buat nerapin apa yg udh lo tulis ini. Ahhh jd keinget serius.. Bener banget. Dan.. Sebenernya gw udh deactive FB, setahunan tapi masih suka bandel buka terus deactive lagi. Sedih gak sih
    Terus.. Path juga sejak awal thn 2016 udh jarang gw update atau scroolll kehidupn org, asli mng buangin waktu. Kerasa bgt..
    Krn baca tulisan ini gw niat lagi nih buat off aja di sochmed. Termasuk IG, assstaga gw addicted bgt buat posting IG, apalagi gw suka fotografi.. Gmn dong.. Ah udh intinya harus niat. Thank bgt artikelnya bikin sadar lagi.

    Like

    1. Wah. Thanks for the comment.

      Ada internet slang jaman dulu yang sekarang jarang dipake lagi: “BRB” alias “be right back”, karena sekarang manusia-manusianya online 24 jam. Padahal tanpa online 24 jam di sosmed pun, sebenernya bisa-bisa aja karena jarang ada yang urgent di sosmed.

      Quick tips:
      Uninstall sosmed dari handphone. Akhir-akhir ini, gue malah udah uninstall Kaskus dan WordPress dari handphone karena gue malah sibuk ngeliatin stats blog dan views thread. Jadi gue batesin sendiri, misal: post/reply after office hour. Sedangkan waktu senggang di office hour, gue pake dengan note taking dan nyicil nulis blog. Lumayan, 5 hari ini terakhir bisa setiap hari satu post 😀

      Selain itu, pake sosmed buat content making aja. IG untuk ngepost hobby fotografi? Cool! But, that’s it. You don’t have to answer any reply right away, right?

      BRB.

      Like

  3. Naah ini dia aku baca juga.
    Tersisa hanya LINE dan WA
    Untuk komunikasi yg urgent, penting dan kerjaan aja.
    Dan wordpress.
    Waah bisa berbagi untuk menjadi Entrepeneur suka bngd.
    Karena saya lagi bingung produk apa untuk usaha awal.
    Gubraaak …

    Salam
    Nuria
    noronuria@gmail.com

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s