Jika Artikel Internet Diibaratkan Makanan

Halo!

Sebenernya tulisan ini gue bilang adalah tulisan kabur. Iya, gue kabur dari tulisan dengan topik yang lebih kompleks ke tulisan yang lebih ringan. Lol. Kadang kalo mau nulis tulisan yang super kompleks, apalagi kalo ngeraba-raba sendiri, jadinya malah pusing yah. Macem skripsi, tapi with almost no incentive :p Ini tulisan mau gue post di Kaskus, jadi makasih pengertiannya kalo ada istilah-istilah Kaskus yang muncul. That’s being said, silahkan baca tulisan gue ini.


Pernah denger information overload?

Information overload adalah keadaan dimana lo ga bisa lagi ngelakuin pengambilan keputusan yang logis karena terlalu banyak informasi yang masuk ke otak lo. Keadaan ini bisa terjadi secara umum di hidup lo. Keadaan ini lumrah ditemuin sejalan dengan gampangnya akses informasi lewat internet.

Blarr..! Sumber

Contohnya kejadian soal warteg di Serang. Versinya macem-macem, terus mana yang harus lo percaya? Mana yang harus lo baca?

Gue akan coba untuk identifikasi satu persatu jenis informasi di internet dengan gue ibaratin seperti makanan. Jelas ini pandangan pribadi gue, dan udah gue pakai buat nyaring informasi mana yang gue baca dan informasi mana yang harus gue skip. Gue hobi baca dan udah baca macem-macem jenis tulisan di internet, jadi gue ngeh sumber-sumber yang valid. Tujuan gue share adalah biar lo bisa bedain mana informasi yang bagus dan mana yang sampah. Oke? Let’s go!

Status Temen Lo / Komentar Anonim

Semacam Pilus. Sumber

Temen lo bukan ahli ekonomi, tapi komentar soal ekonomi. Ada orang random di internet, tapi komentar soal politik. Kadang super sotoy dan sok radikal. Informasi ini semacam pilus; jumlahnya ga keitung, harganya murah, ga ada gizinya. Jangan dimakan (baca: dibaca dan didebat), ga ada gunanya. Kalo lo tanggapin serius, bisa jadi orangnya lagi iseng nulis komen pas lagi boker di WC :p

Informasi dari Media yang Jelas Berpihak dan Pesan Berantai

Ibarat rokok. Sumber

Ya Allah. Kalo lo baca dan percaya informasi macem ini, stop baca tulisan gue dah. Haha. Orang yang percaya dan sebar pesan berantai, ibarat orang lagi ngerokok. Racunnya bisa nular cuy. Dengan nyebarin info semacam ini, lo ga akan keliatan keren/ngebantu atau apa, tapi lo malah keliatan  ………. . (isi sendiri :p)

Tulisan Yang Dibuat Bukan Oleh Ahlinya

Snack Isi Angin
Mirip snack isi angin.

Lo pasti familiar dengan tulisan ini. Cara gampang identifikasi tulisan ini adalah biasanya sering ada di lounge dan judulnya mirip segmen di On The Spot, contoh “7 Manusia Paling Kuat Versi On The Spot”; “7 Cara Untuk Sukses Versi On The Spot”. Informasi ini mirip snack di warung; enak tapi cuma isi angin dan micin. Ga ngaruh apa-apa, ga bisa diterapin dan jauuuuuuhh dari real life.

Portal Berita Kejar Setoran

Bagai setumpuk gorengan . Sumber

Setiap ada kejadian yang heboh, wartawan-wartawan portal berita ini kejar setoran. Mendadak kreatif. Berita yang disebar di internet bukan berdasarkan fakta, tapi cuma katanya-katanya (Ini contohnya). Di keadaan normal, ciri dari portal berita kejar setoran adalah beritanya nyicil; tulisan yang diulang-ulang tapi informasi yang disebar cuma bertambah dikit. Tulisan semacam ini kaya gorengan, bikin kenyang tapi ga ada gizinya malah bisa bikin kolesterol naik.

Info Dari Blog Beneran

Layaknya buah segar. Sumber

Cara gampang lihat seorang blogger itu terpercaya atau ga bisa dilihat dari jumlah iklan yang ada di situsnya. Gue buanyak kebantu sama blogger, terutama di hal-hal selain opini politik ya, misalnya: gimana cara ambil KPR, cara urus STNK/BPKB, review film atau musik dan lain-lain. Kebanyakan mereka ikhlas berbagi, detail, dekat dengan real life dan mau bantu kalo ditanya. Bagi gue, tulisan di blog mirip buah; ringan, manis dan bergizi.

Portal Berita Yang Valid

Kaya makanan bergizi lengkap. Sumber

Portal berita yang terpercaya ada list-nya di Forum Berita Politik Kaskus. Gue lebih milih untuk baca tulisan portal berita yang mainstream (lo tau lah yang mana). Gue juga akan baca tulisan dari portal berita luar negeri, soalnya beda perspektif penulisan itu kadang bisa membuka cara pandang kita tentang suatu peristiwa. Informasi ini, bagi gue, kaya makanan yang bergizi lengkap; ngenyangin dan bergizi.

Longreads dan E-book

deconstructed [cendol] Pandan jelly, cincau, gula melaka caviar, santan and shave ice
Ini Cendol ala molekular gastronomi . Sumber

Buku dan Longreads ibarat makanan molekular gastronomi sih. Mindblowing. Sialnya, gue belum nemu sumber longreads yang bahasa Indonesia. Kalo ebook, lo bisa request di forum Buku – Kaskus. Ini sumber informasi favorit gue, soalnya informasinya lengkap dan super detail.


Nah, itu tadi macem-macem informasi di internet yang gue ibaratkan makanan. Semoga bisa jadi pedoman dalam pilih-pilih informasi yang beredar di internet. Last but not least, ada pepatah yang bilang

“You are what you eat.”

Lo adalah apa yang lo makan.

Gue mau nambahin:

“You are what you read.”

Lo adalah apa yang lo baca.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s