Ga Selamanya Hot Thread itu Worth it

Hot Thread tiba-tiba jadi penting buat gue karena dalam 2 minggu pertama join Kaskus, 3 thread gue berhasil jadi Hot Thread. > 150.000 orang baca thread gue, inbox gue full gara-gara banyak orang yang nanya-nanya, blog gue juga kecipratan trafik. Akhirnya gue bisa kasih impact yang luar biasa. Hot Thread itu candu dan gue tiba-tiba jadi berburu candu itu.

dancing jamaica dancehall daggering niggaz
Daggering. Sumber

Saking pengennya dapet Hot Thread, kemarin gue mau bikin thread soal Daggering. Isinya simpel; penjelasan singkat soal daggering dari Wikipedia, foto, gif dan video yang gue kumpulin dari internet. Menurut gue, topiknya Hot Thread material banget; ringan, menarik, lucu dan belum pernah dibahas. Tapi akhirnya, gue hapus.

Menurut gue, topiknya terlalu ringan lebih mirip sampah, gue juga kasihan sama orang yang baca. Kalo gue ngerasa buang-buang waktu nulis thread yang ga ada hubungannya dengan real life dan ga bisa diaplikasiin, apalagi lo, Kaskuser, yang baca. Gue sempet nulis tipe-tipe tulisan di internet sebelumnya, dan tulisan macem ini, gue bilang tulisan gorengan; murah, ga ada gizinya, kalo kebanyakan bikin lo sakit.

Ga ikhlas lah kalo gue harus ngikut-ngikutin gaya thread lain. Tapi gue masih penasaran sama Hot Thread. Jadilah gue ngulik Hot Thread dan ini hasilnya.

Soal Hot Thread Kaskus

Pemilihan Hot Thread adalah hak Kaskus. Gue ga akan protes soal cara Kaskus milih Hot Thread disini karena Hot Thread Kaskus berhubungan erat sama brand image, iklan, dsb. Gue disini akan kasih penjelasan logis dari Hot Thread Kaskus.

Kaskus adalah perusahaan. Salah satu sumber pendapatan Kaskus adalah komisi tiap kali iklan itu dilihat dan atau diklik oleh pengunjung Kaskus (views, impressions and clicks). Salah satu tugas orang-orang yang dibelakang Kaskus adalah naikin views, impressions and clicks tersebut. Sehingga, ada pertanyaan gini:

Gimana caranya narik orang agar datang ke Kaskus?

Kaskus Traffic Source
Asal Trafik Kaskus. Sumber

Jadi menurut Similarweb.com,

  • 38.11% trafik Kaskus didapat dari user yang langsung ketik url: http://www.kaskus.co.id atau buka app Kaskus dari hapenya. Ini kebanyakan adalah Kaskuser loyal yang punya app Kaskus.
  • 36,6%, dateng ke Kaskus karena hasil search di Google (atau situs pencari lainnya). Banyak konten/thread/artikel Kaskus yang jadi peringkat satu di mesin pencari, jadi banyak yang klik dari sana.
  • Selain itu, trafik kaskus didapat dari referal, sosmed dan lainnya.

Hot Thread punya peranan penting untuk naikin trafik ke Kaskus. Kaskus milih thread yang dibikin oleh Kaskuser dan di-promote jadi HT. HT ini kemudian di-publish oleh Kaskus ke sosmed-nya dan aplikasinya. Lo pasti pernah dapet notifikasi dari app Kaskus kan?. Ini contoh sharing atau notifikasinya:

Screenshot Konten Kaskus
Screenshot sharing Kaskus di FB

Orang yang dapet notifikasi tertarik karena baca judul+gambar+keterangan dan kemudian ngeklik link itu. That’s it! Gue ulangi: orang-orang cuma baca judul+gambar+keterangan, kemudian ngeklik link itu. Dan, itu yang datengin pemasukan buat Kaskus!

mind blown mindblown tv
*Mindblown* *lebay* Sumber

Jadi gimana Kaskus milih Thread HT?

Atau lebih tepatnya “Thread apa yang sering dipilih jadi HT?”.

Atau “Apakah pertanyaan diatas tetap relevan?”

Gue gak tau, ga ada pola yang bener-bener jelas. Thread hoax Megalodon aja bisa jadi HT.

Hot Thread sekarang ganti dalam hitungan jam. Slot Hot Thread ada 10. Hari ini 27/06/2016 tepat pukul 21:00, sudah ada 21 thread yang hot thread. 12 jam, 10 Hot Thread baru. Karena tau potensi dari Hot Thread, Kaskus kayanya ga nanggung-nanggung untuk angkat thread jadi Hot Thread. Ga ada ruginya juga buat Kaskus untuk ganti suatu Hot Thread yang kurang menjual.

Intinya: view, view, view, klik, klik, klik, as long as thread lo bisa narik orang dateng ke Kaskus, ya jadilah Hot Thread.

Your Thread Vs Hot Thread

Penulis/thread maker/whatever, menurut gue, adalah seniman. Seniman sendiri bermacem-macem adanya. Ini spektrum yang gue pinjem:

Artist spectrum. Spektrum seniman. Sumber

Sebut aja di ekstrim kiri adalah artis yang benar-benar artis (The Indie Creator). Karyanya nonmainstream, cenderung nyeleneh, penikmatnya hanya orang-orang tertentu. Kalo di musik, gue pake contoh Guruh Gipsy. Musiknya susah diterima orang awam, tapi kualitas memang wahid.

Di ekstrim kanan, contohnya Syahrini (The Seeker of Applause),

Sumber

Karyanya cuma demi dapet like, love, komen, respond, click or whatever. Kerjaannya sengaja bikin headline yang sensasional (jadi inget thread Megalodon, eh?). Targetnya: harus selalu tampil di infotainment tiap jam 4 sore.

Begitu pula Thread Maker / Thread Starter / Juru tulis Kaskus, ada yang condong ke Indie Creator dan ada pula yang condong ke Seeker of Applause. Indie creator di Kaskus contohnya mod Berwin dan Pi-One. Coba cek profil dan thread-threadnya deh. Tapi gue kayanya ga pernah ngeliat thread mereka jadi HT. Alasannya, menurut gue, Kaskus sekarang condong ke media Seeker of Applause (memang ga salah karena memang dapet pemasukannya dari applause). Jadi sebagian besar HT adalah HT dari TS yang Seeker of Applause juga.

Kemudian, nasib para TS Indie Creator yang beda dengan Kaskus gimana?

I feel you, bro. 

Gue sekarang fokus di sharing aja. Gue sendiri saranin buat lo untuk share juga. Tetap bikin thread, tetap bantu jadi inspirasi Kaskuser lain.

Gue fokus ke goals jangka panjang gue. Karena gue percaya kalo thread gue berguna dan berkualitas, orang akan nyari dan baca thread gue. Gue balikin lagi perumpamaan musik di atas:

Album Guruh Gipsy dibuat tahun 1976 dan baru dinobatkan jadi album Indonesia terbaik ke dua of all time (versi Rollingstone Indonesia) di tahun 2007. 31 tahun brooo!! Terbukti barang bagus dicari orang.

Sedangkan, gimana masa depan Syahrini? Lo bisa jawab sendiri 🙂

Advertisements

5 thoughts on “Ga Selamanya Hot Thread itu Worth it

  1. I feel you bro.
    Gue juga dulu begitu, koq bisa ya 3 thread pertama langsung HT.
    Tapi besok2nya yang HT malah Megalodon, malah softselling Vivo, malah sampah-sampah yang bikin kerongkongan tercekat.
    Fcuk it! Gue sampe berjuang untuk bisa mengikhlaskan dan menerima fakta ini.
    Syukur sekarang gue udah nggak OCD lagi ke HT-nya Kaskus. Just share, nothing to lose!
    Maju terus bro!

    Like

          1. ahh, biasa aja bro.
            masih seumur jagung itu.
            Salam kenal juga, bro.
            Mari sama-sama mengangkat kembali esensi penulisan yang berkualitas.
            Demi memerangi konten-konten kayak HT Absurd di Kaskus itu, haha.

            Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s