Lo Minat Kerja Sambil Traveling? Baca Ini Dulu

https://i1.wp.com/curtmercadante.com/wp-content/uploads/2014/01/179134867.jpg
Sumber

Gue pikir sejak novel dan film “Eat, Prat, Love” booming, seketika itu internet langsung berbondong-bondong kampanye gaya hidup traveling. “Kerja ga harus di kantor”,  “Worry Less, Travel More”, “Watching different horizon, every damn day”, lo tau lah. Sampe di Indonesia juga bermunculan acara TV yang ngebahas soal wisata, baik itu wisata alam atau wisata kuliner. Pak Bondan, Koper Ransel, My Trip My Adventure. Lalu juga muncul buku-film yang temanya traveling; 5 cm, AADC2, Apa lagi? Gue ga terlalu ngeh. Banyak orang berbondong-bondong beli-pake kaos national geographic dan MTMA. Mungkin di sosmed, orang-orang juga banyak share hal-hal yang travel related.

Pasti ada  salah satu dari lo yang mimpi kerja sambil traveling. Lo bisa baca list pekerjaannya disini. Gue akan share plus minusnya sebelum lo mutusin untuk ambil jenis pekerjaan yang satu ini. Ini juga sebagai penyeimbang informasi yang beredar ye, gan. Karena, gue juga sama kaya lo, tinggal di Indo, jadi yang gue share ini adalah kurang lebih kenyataan kerja traveling di Indo. Ga bakal nemu di artikel-artikel lain, soalnya ini pengalaman gue langsung. Okey, let’s start!


 

Akhir tahun 2012, gue di-assign ke unit yang kerjanya nge-review cabang-cabang di luar kota. Jadi gue selama 2012-2015, puter-puter keliling Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi, selama >60% dalam setahun. Itu artinya dalam sebulan, gue bisa cuma 10 harian di Jakarta. Sisanya di luar kota. Kalo lagi peak time, gue bisa satu setengah bulan tinggal di hotel. Pindah-pindah kota, kaya band lagi road tour.

PLUS

Transportasi Oke, Akomodasi Oke, Uang Saku Oke

20160414_144153
Wuush.

Kalo hal ini, emang tergantung dari kebijakan perusahaan. Kalo kantor lo baik, minimal lo dapet akomodasi hotel bintang 3. Artinya lo ga perlu kuatir lagi dengan tidur nyenyak dan makan pagi enak. Transportasi seperti pesawat tinggal pesan dan biaya-biaya transportasi lain diganti saat balik ke markas. Jadi lo tinggal nikmatin kamar hotel sama perjalanannya aja. Keuntungan lainnya adalah lo bisa dapet gratisan dari poin inap hotel dan bonus travel miles. Gratisan ini lumayan buat tiket mudik atau nginap buat liburan.

Oya, bagi para bujangan, uang saku saat lo dinas di luar kota bisa lo hemat-hemat, gan. Kan selama lo di luar kota, lo ga punya pengeluaran lain selain makan. Jadi uang tabungan lo bisa nambah plus uang sakunya.

Wisata Kuliner, Wisata Alam dan Wisata Lain-lain

20141028_123631
Makan seafood di Paotere, Makassar

Setiap kali ada orang nanya soal kerjaan, dan gue jawab, pasti mereka bilang “Jalan-jalan terus dong lo!”. Sebenernya ga juga sih, lo bisa jalan cuma di weekend,gan. Inget, keluar kota kan dalam rangka tugas, gan. Kalo makan siang atau makan malem, lo bisa coba-coba makanan lokal yang mungkin selama ini cuma lo baca di internet atau di acaranya Pak Bondan.

Selain itu kalo weekend, lo bisa atur-atur sama temen kerja lo. Biaya wisata bisa dibagi, biar murah. Terus lo bisa capcuz ke tempat-tempat yang kece deh.

IMG_0939
Nyebrang dari Parapat ke Samosir

Atau kalo lagi bokek, ya yang gratis, gan.

20140831_145123
Pemandangan dari Bukit Teletubbies di Sipirok

Ketemu Banyak Orang Baru

Lo akan banyak ketemu orang baru, gan. Lo akan ngerasa banget ke-bhinneka-an Indonesia, dan juga akan dites rasa toleransi lo. Lo akan banyak interaksi dengan orang-orang yang beda budaya, beda background dan lo bisa tuker pikiran dengan mereka. Lo bakal belajar gimana ngadepin orang Jawa, Batak, Plembang, Dayak, Madura, dll. Ini bagian yang paling menarik buat gue, karena pada dasarnya gue anggep semua orang itu guru, jadi gue tertarik banget untuk komunikasi, nanya-nanya maksa ke orang baru. Haha.

20150125_114707
By the way, ini bapak driver super baik yang ane temui di Tasik. Gue diundang buat makan di saung tengah sawahnya dengan cuma bayar Rp 50.000. Dapet bawal bakar gede-gede, dan pengalaman unik makan di tengah sawah. Tapi akhirnya, gue tau kalo bawalnya dari empang yang di bawah jambannya -__-

Dapet Banyak Pengalaman Unik

Ini juga salah satu daya tarik kerja sambil traveling yang paling berkesan buat gue, gan. Bayangin aja, lo setiap 2 minggu sekali ganti lokasi di tempat yang baru. Lo bisa eksplor area baru itu dan ketemu hal-hal baru yang lo ga tau sebelumnya.

20160410_100406
Salah satu toko barang antik yang ada di Kampung Seni, Padang Rani Semarang

Daaan.. pasti ada yang bilang “Sombong lo, bree.. Pamer lo, bro.. bla bla bla..”

Karena lo belum tahu minusnya kerjaan kaya gini. Gambar-gambar di atas cuma mirip timeline instagram/path, kelihatan bagusnya doang padahal ga ada yang tau di belakang. Ini yang di belakangnya, gan.

MINUS

Pikirin Keluarga Lo

Kalo lo udah punya keluarga sendiri, lo harus ninggal keluarga lo, gan. Ini berat apalagi kalo buat keluarga muda yang baru punya baby. Bisa-bisa begitu lo balik, anak lo udah ga kenal lo lagi.

sad baby crying the help no
Nah lo! Sumber

Nah selain itu, lo juga berisiko kehilangan moment-moment bareng anak lo. Padahal kan, tahun-tahun awal perkembangan anak itu, buat sebagian orang, priceless.

Pikirin Perkembangan Diri Lo

Kalo lo ada di luar kota, ekspektasi perusahaan adalah lo kerja. Perusahaan akan ngasih deadline sesingkat mungkin karena waktu lo disana berarti biaya buat perusahaan. Jadinya karena deadline mepet, 16 jam lo melek ekspektasinya ya buat kerja.

homer simpson homer books study stressed
Sumber

Padahal kalo lo di rumah, lo bisa ngerjain hal lain yang berguna buat perkembangan diri lo. Misalnya: lo bisa ambil kursus bahasa inggris saat pulang kerja, atau lo mau ambil sertifikasi di weekend. Selain itu, kalo lo berencana ambil S2 di waktu dekat, lo ga bisa ambil. There’s no such thing as a free lunch 😀

Pikirin Hubungan Sosial Lo

IMG-20151002-WA0001
Tidur di Juanda, gara-gara ngebet ngejar pesawat pagi buat ke kondangan temen

Ada beberapa orang yang menganggap hubungan sosialnya ke temen-temen itu super penting. Sayangnya, jika ambil pekerjaan ini, lo musti ikhlasin acara-acara bareng temen lo, gan. Meskipun domisili lo masih di kota yang sama, lo akan jarang bisa dateng ke acara-acara sosial bareng temen lo. Sampe akhirnya lo ga diundang ngumpul-ngumpul lagi 😀


Itu lah plus minus pekerjaan yang 70% traveling yang gue rasain. Semua pekerjaan pasti ada plus dan minus-nya. Paling tidak dengan tulisan ini, lo bisa dapet gambaran jelas apa aja yang musti lo korbanin untuk dapet pekerjaan yang “katanya” banyak yang minat ini, Segitu dulu dari gue. Silahkan kalo ada yang mau share pengalamannya di kolom reply/komen di bawah. Thank you for reading 🙂

Nb: Kecuali ada informasi lain, foto-foto disini langsung dari hape gue

Advertisements

2 thoughts on “Lo Minat Kerja Sambil Traveling? Baca Ini Dulu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s