Kenapa Baca Doang itu Bahaya

Dan Alasan Kenapa Lo Harus Komen/Reply/Nanya ke Penulisnya Langsung

Tulisan yang paling banyak dibaca di blog gue ini dan situs gue satu lagi, homeworxout.com, adalah tulisan-tulisan yang berhubungan dengan life advice, tips dan saran. Dari pertanyaan-pertanyaan yang masuk di reply/komen maupun yang masuk ke line homeworxout: @epl6302i, gue bisa simpulin ada persepsi tentang gue yang timbul di otak pembaca saat baca tulisan-tulisan gue. Sayangnya, menurut gue, persepsi-persepsi itu masih kurang dalem.

Narrative Fallacy

Setiap lo baca tulisan gue, pengetahuan lo akan sebatas tulisan itu aja. Gue, sebagai penulis, punya kekurangan yaitu otak gue cenderung hanya mencari ingatan-ingatan yang bisa mendukung tulisan gue aja dan tidak menghiraukan fakta-fakta lain yang sebenernya penting untuk diketahui oleh pembaca. Ini yang dinamakan narrative fallacy.

The narrative fallacy addresses our limited ability to look at sequences of facts without weaving an explanation into them, or, equivalently, forcing a logical link, an arrow of relationship upon them. Sumber

Narrative fallacy adalah keterbatasan manusia dalam melihat melihat rangkaian fakta-fakta tanpa menggabungkannya dengan penjelasan-penjelasan, ataupun memaksakan keterkaitan antara fakta-fakta tersebut.

Contohnya waktu gue nulis soal cara-cara memperluas perspektif di tulisan ini Surat Terbuka Buat Lo Yang Masih Sekolah: Baca Ini. Gue, secara ga sadar, akan memilih fakta-fakta yang menurut gue pas dengan tulisan itu dan tidak memasukkan fakta-fakta lain yang mungkin penting. Karena tulisan-tulisan gue banyak yang berhubungan dengan life advice, gue punya tanggung jawab untuk jaga agar tulisan-tulisan gue ini tidak menyesatkan. Yang gue hindari adalah kekecewaan lo setelah lo mengetahui behind the scene tulisan gue.

Travel vs reality in pictures
Ekspektasi dan real life. Sumber

Kemudian dari kekecewaan-kekecewaan semacam itu muncul lah kalimat ini:

Hidup ga semudah cocote Mario Teguh

Solusinya

Untuk mengurangi narrative fallacy, biasanya tulisan-tulisan soal life advice ataupun biografi ditulis berdasarkan beberapa sumber sehingga tulisan itu lebih objektif. Mana mungkin gue bisa kaya gitu. Jadi untuk menanggulangi munculnya “hidup ga semudah tulisan Daily Mumble”, gue undang lo buat nanya-nanya lebih jauh. Lo bisa nanya ke gue tentang hal-hal yang berhubungan dengan tulisan-tulisan disini maupun life advice, keuangan atau fitness di bagian komen/reply atau line: @epl6302i atau email ke prayogaluthfy@gmail.com. Mantap kan? Kurang apa gue sama lo. Haha.

Leave a Reply

