IKEA Indonesia: Apa yang Harus Diketahui Sebelum Berkunjung

20160717_092946

Sudah hampir setahun IKEA ada di Indonesia dan ini kali kedua gue jalan ke IKEA Alam Sutra. Di post kali ini, gue akan bahas panjang lebar soal IKEA Indonesia. IKEA murah? Bagaimana sih kualitas produk IKEA? Apa worth it beli IKEA? Satu-satu gue jawab disini.

Sejak sebelum beli rumah, gue udah sering liat-liat desain interior dan furnitur via Pinterest. Dari situ, gue tertarik dengan desain interior skandinavian, dan memang saat itu (dan sampe sekarang) desain interior skandinavian masih banyak dilirik. Ciri-ciri desain skandinavian adalah minimalis, fungsional dan ada sentuhan unsur-unsur alam. IKEA adalah salah satu gudangnya produk-produk Skandinavia. Setelah lama mantengin situs IKEA dan dateng ke store-nya, ini pendapat gue soal IKEA Indonesia.

Oya, Gue sempet bahas salah satu produk IKEA: A tribute to SINNERLIG Daybed yang, gila, gue suka banget.

Worth it Ga Beli di IKEA?

IKEA mulai buka di Indonesia sejak tahun 2015. Dinilai dari lokasi IKEA, jelas bahwa target market dari IKEA Indonesia adalah golongan ekonomi yang menengah ke atas. Lokasi IKEA Indonesia ada di pintu masuk Alam Sutera, area perumahan dan bisnis untuk golongan ekonomi menengah ke atas. Sedangkan di luar negeri, IKEA dikenal dengan produknya yang super murah yang diproduksi secara massal. IKEA memang mengakui bahwa mereka menentukan harga berbeda-beda, sesuai dengan negaranya. Lalu, muncul pertanyaan: kalo produk IKEA Indonesia untuk orang menengah ke atas, apakah harganya juga jadi lebih mahal dari IKEA di luar negeri? Lalu bagaimana sih kualitas produk IKEA? Apa worth it beli IKEA? Satu-satu gue jawab ya.

Pengalaman belanja yang berbeda

Kalo bahas soal produk, tentunya ga semata-mata hanya kualitas dari barang saja. Produk IKEA adalah paket dari mulai konsumen dateng ke store, pilih barang, beli, sampe barang itu bisa digunakan dan after service-nya. IKEA terbagi jadi 2 area, yaitu Display area dan Market Area.

20160717_094643
Display Area (?) ruang keluarga di salah satu pojok IKEA
20160717_100420
Ruang makan

Saat pertama kali masuk, bagian pertama yang akan kita lalui adalah Display Area (?). Gue sebut Display Area karena disini banyak produk yang di-display menyerupai ruangan-ruangan. Bagian ini adalah bagian display saja, pengunjung tidak dapat mengambil barang untuk dimasukkan ke tas belanjaan karena ini semua barang display. Pengunjung dapat menulis kode-kode barang di form yang telah disediakan, dan kemudian mengambil barang tersebut di Market Area. Market Area mirip supermarket (Giant/Carrefour, you get the idea) yang isinya bermacam-macam pernak pernik dekorasi rumah. Konsep ini unik, karena pengunjung jadi tidak bosan dalam memilih barang dan menjelajahi seluruh area.

20160717_103049
Ini Market Area-nya
20160717_125031
Raaaacks of furnitures
20160717_122845
Macem-macem lilin aromatherapy

Selain itu, ada kafe/kantinnya juga. Secara overall, interior store IKEA sendiri menggambarkan brand-nya alias super minimalis dan sangat rendah biaya. Jauh dari kesan “ini brand IKEA, buat orang menengah ke atas”.

Eksperimen Perbandingan Harga Produk IKEA antar Negara

Kemudian, gue akan bahas masalah harga. Sebelumnya udah gue jelasin bahwa IKEA menerapkan pricing yang berbeda-beda di tiap negara. Di luar negeri, IKEA terkenal sebagai brand yang banyak dipakai oleh mahasiswa-mahasiswa karena saking murahnya. Macem brand Olympic kalo disini. Tapi kalo di Indonesia, target market IKEA adalah, jelas, untuk orang yang menengah ke atas.

Gue coba bandingin harga dari sebuah produk IKEA di beberapa negara yang berbeda, dengan gue proporsionalkan sesuai pendapatan per kapita per negara. FYI, pendapatan per kapita adalah rata-rata pendapatan yang diterima oleh penduduk suatu negara per tahun.

BRIMNES IKEA
Gue pake contoh produk ini: Tempat tidur Brimnes. Sumber

Menurut ikea-club.org, harga Brimnes adalah berikut:

Harga Brimnes

Per tanggal 17 Juli 2016, harga tempat tidur Brimnes di situs Ikea Indonesia, adalah Rp 3.999.000 atau USD 267.05. Sehingga hasil itungan gue:

Perhitungan.JPGDari tabel di atas dapat dilihat bahwa , kalo di-adjust dengan kemampuan bayar, harga produk IKEA tersebut lebih mahal dibandingkan dengan negara lain. Bahkan harga tempat tidur Brimnes di Singapur cuma 12%-an dari harga produk yang sama yang dijual di Indonesia. Ini artinya teori bahwa target market Ikea Indonesia memang untuk orang yang menengah ke atas semakin mendekati kebenaran.

Tapi ga semua kok barang di IKEA mahal. IKEA adalah salah satu perusahaan yang mengedepankan penghematan biaya dan desain produksi yang efisien, sehingga beberapa barang memang lebih murah daripada barang-barang yang dijual di luar. Barang IKEA yang murah-murah biasanya pernik-pernik semacem barang pecah belah, kitchen utensils, etc.

Bagaimana Dengan Kualitasnya?

Gue akan pakai tempat tidur Brimnes sebagai contoh lagi. Menurut spek produk di Ikea.com,  spek Brimnes adalah:

Spek Brimnes
Sumber

Perhatikan bahan dasarnya, yaitu Particleboard dan Fibreboard. Sedikit searching di Google, maka gue bisa tahu ini:

Particle Board. Sumber
Fibre Board. Sumber

Err..sangat mengingatkan gue bahwa IKEA itu furnitur anak kuliah dan merk Olympic.

Kesimpulan

Jangan terpengaruh dengan hype yang berlebihan. IKEA Indonesia is the expensive version of IKEA. Kalo lo pengen isi rumah tapi budget lo terbatas, ini solusinya:

  • Kalo gue bandingin, dengan harga Rp 3.999.000 dan lo dapet furnitur sekelas Olympic adalah gak worth it. Dengan harga yang sama, lo bisa dapet furnitur custom dengan kualitas kayu yang lebih bagus (mungkin dapet jati landa/mahoni). Coba cari dan tanya tukang furnitur di sekitar tempat lo. Gue dulu sempet dapet harga Rp 3,8 juta untuk dipan dengan headrest.
  • Sering-sering ngecek situs jual beli online. Disitu banyak barang bekas yang layak pakai dijual dengan harga miring. Gue pernah beli satu set kursi rotan dengan harga Rp 350 ribu, padahal barunya di atas 1 juta. Baca cerita gue itu di Rejeki Anak Soleh
  • Be creative. Jangan terlalu terpaku pada pola pikir lama bahwa suatu ruangan harus ada furnitur tertentu (contoh: ruang tamu harus ada satu set sofa). Coba cek Pinterest, Houzz.com,  Apartmenttherapy.com untuk inspirasi-inspirasi dekor rumah yang affordable.

Kalopun mau belanja di IKEA, cari aja item-item yang unik desainnya. Ini biasanya yang jadi barang inceran gue, karena pernak pernik IKEA suka keren dan lain daripada yang lain. Item-item yang bisa lo mulai cari: bantal, lilin aromatherapy, rak kecil, boneka, selimut atau barang-barang yang lagi diskon.

Last but not least, akhirnya gue bawa pulang setumpuk lilin aromatherapy dan satu selimut dari IKEA. Selimutnya memang udah lama gue incer dan lagi diskon pula. Haha.


Silahkan kalo ada komentar/opini/pendapat/pertanyaan ditulis di kolom di bawah ya. Tenang, gue balesnya cepet dan gratis ko :p Perhitungan amat :p

 

4 thoughts on “IKEA Indonesia: Apa yang Harus Diketahui Sebelum Berkunjung

  1. Out of the topic, komentar gw.. Tulisan lo terstruktur gitu jd gampang dimengerti wlw bacanya sec cepat.. Well.. Td nya gw pikir ini iklan gitu, good review.. Tapi gw masih penasaran sama benda lain di Ikea,

    Like

  2. Penjelasaanya simpel, dibacanyapun ringan dan tidak bertele-tele. Ada nilai plus saat anda merekomendasikan pembaca untuk mencoba cek Pinterest, Houzz.com, Apartmenttherapy.com sebagai inspirasi dekor rumah yang affordable menuurut anda

    Like

Leave a Reply

