Cara [Logis] Agar Semakin Kreatif

art, creative, creativity
Source

Apakah semua orang yang akan belajar seni itu harus kreatif? No. Tapi orang yang sudah belajar seni pasti jadi lebih kreatif. 

Gue ngerasa ga pernah jadi orang yang kreatif. Sebelumnya, gue selalu berpikir kalo kreatifitas itu gift/bakat. Ada orang yang terlahir super kreatif dan ada orang yang terlahir ga kreatif-kreatif amat. Dan gue berpikir kalo gue ga kreatif-kreatif amat. Anehnya gue dulu sempet jadi illustrator, desainer grafis dan manajer tata letak di organisasi kampus.

Gue orangnya logis dan melihat sesuatu dalam pola. Karena gue melihat sesuatu dalam pola, gue ga bisa menciptakan sesuatu yang original dari kepala gue. Kalo diminta membuat sesuatu, gue akan selalu melihat dari pengalaman/contoh dan kemudian membuat sesuatu dari situ.

Bagi lo yang mau jadi lebih kreatif, ada berita gembira. Berdasarkan pengalaman, ternyata kreatifitas itu bisa dipelajari. Ini caranya.

Apa Itu Kreatifitas?

Karena kita ga lagi belajar bahasa, kreatifitas akan gue artikan begini:

Membuat suatu karya dengan menggunakan skill, pengalaman dan ilmu yang telah didapat.

Dengan mengartikan kreatifitas jadi seperti ini, maka semua orang bisa jadi kreatif asalkan mau:

  1. Menambah pengalaman dengan hal-hal baru dan belajar
  2. Melatih skill

Dalam prakteknya sebuah karya itu dibagi menjadi dua. Konsep dan aplikasi. Konsep adalah ide yang melatarbelakangi karya itu. Sedangkan aplikasi adalah cara seseorang untuk mewujudkan konsep/idenya.

Pengalaman dan ilmu berguna saat lo mencari konsep. Konsep yang bagus tergantung dari berapa banyak jam terbang dan ilmu orang tersebut. Sedangkan skill lebih banyak mempengaruhi bagaimana konsep tersebut diaplikasikan.

Konsep Yang Bagus Itu..

Awalnya gue pikir mencari konsep itu duduk di tempat sepi, merenung dan tiba-tiba konsep turun dari langit. Yeah right.

Konsep itu sebenernya bukan dicari, tapi dibentuk.

black-and-white, photography, lens
Seperti menyusun lego. Sumber

Bahan-bahannya adalah semua ilmu, inspirasi, pengalaman dan keunikan lo. Ga ada yang bisa nyiptakan sesuatu yang bener-bener baru sama sekali. Semua orang yang kreatif pasti meramu karyanya dari hal-hal tersebut. Tahun 2010, gue pernah nulis soal cara gampang dapet inspirasi di blog gue yang lama : Cara Gampang Dapet Inspirasi, intinya:

  • Catat begitu ide itu muncul; selalu siap-siap notes/handphone
  • Kunjungi situs-situs inspiratif; untuk bacaan favorit gue ya Medium dan Quora
  • Langganan newsletter; biasanya writer punya newsletter gratis. Coba langganan.
  • Saling berbagi inspirasi

Lalu apakah itu artinya menjiplak itu boleh? Pertanyaan ini dijawab oleh quote menarik dari Pablo Picasso berikut:

Sumber

Seniman yang baik menjiplak, seniman yang hebat mencuri. Gue bisa artiin kalo seniman hebat bisa “menjiplak” suatu karya tanpa bisa diketahui asal usul inspirasi karya tersebut. Ini berhubungan dengan banyaknya sumber/inspirasi dari seniman hebat itu, sehingga inspirasi-inspirasi itu tercampur dan melahirkan karya yang berbeda dengan karya-karya sebelumnya.

Takeaways: Pernah diminta mendadak untuk buat yel-yel saat teambuilding? Langkah-langkah kreativitas bisa diterapkan di hal simple ini.  

  1. Cari referensi. Kalo ga bisa dari ingatan, cari contoh di internet dan catat hal-hal yang menarik dari yel-yel tersebut
  2. Kombinasikan hal-hal yang udah lo catat ke dalam yel-yel yang mau lo bikin
  3. Voila! Yel-yel kreatif sudah jadi

Sebenernya, proses kreatif memang se-simple itu sih. Karya-karya yang dibuat dengan tujuan komersial biasanya akan mengambil referensi dari lebih banyak karya-karya yang ada sebelumnya. Semakin unik (banyak referensi dan diaplikasikan dengan baik) karya tersebut, maka harganya semakin mahal.

Tentang Skill

Satu hal yang pasti, skill hanya bisa didapat dengan komitmen dan kerja keras. Komik berikut bagus banget ngejelasinnya (Psst.. banyak komik pendek bagus di Zen Pencils, make sure buat cek ya) :

90: IRA GLASS: Advice for beginners
Sumber

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s