Eminem Vs Motivator

 

eminem hoodie rap mirror battle
Source

Beberapa tahun lalu, gue stumbled upon this guy karena gue liat iklan yang nyebut-nyebut Eminem. Lagu pertama yang gue denger adalah Cleaning Out My Closet. Gue sama sekali ga tau arti dari lagu itu sampai pada akhirnya beberapa hari lalu gue nonton video yang ngejelasin kenapa ini orang disebut lyric genius. I play his song every morning to boost up my day since then. And this is why he’s better than any motivator around.

Honesty is A Sign of Bravery

“I maybe made some mistakes
But I’m only human, but I’m man enough to face them today
What I did was stupid, no doubt it was dumb
But the smartest shit I did was take the bullets outta that gun
Cause I’da killed him; shit I would’ve shot Kim and him both

(Lirik tentang hubungannya dengan mantan istri di Cleaning Out My Closet)

Semua orang punya problem. Eminem ga punya problem buat ngakuin kalo dia punya problem. Instead of pura-pura sempurna, dia turun jadi orang yang setara dengan pendengarnya.

By being honest, opini seseorang akan lebih mudah mempengaruhi orang lain. By showing flaws, orang akan berubah, dari bilang “Hidup ga semudah congor Mario Teguh” ke “Oh iya juga ya”. The fact is, dengan menunjukkan sisi lemah, seseorang bisa menjadi pemimpin yang lebih baik (Forbes.com). Orang lain akan cenderung fokus pada keberanian seseorang pada saat dia mengakui kesalahannya daripada kesalahan itu sendiri.

Walk The Talk

Setelah tahu bahwa si Eminem ini bukan orang yang sempurna dan mungkin punya jalan hidup yang lebih roller coaster dari hidup kita, tentunya kita (err.. gue) lebih penasaran gimana akhirnya dia menghadapi problem-problemnya.

I don’t want to go into fandom shit or gossip, tapi lirik-lirik di album-album terakhir semakin nunjukin kalo si Eminem ini gets better with age. Ini lirik dari salah satu “lagu baru”nya:

I’m not afraid to take a stand
Everybody come take my hand
We’ll walk this road together, through the storm
Whatever weather, cold or warm
Just let you know that, you’re not alone
Holla if you feel that you’ve been down the same road

(Not Afraid)

What’s better than listen to advice from someone who has worse life story than us? Apalagi kalo kita tahu dengan mata kepala sendiri bahwa ada orang yang lebih susah tetep kuat ngejalanin hidupnya (Meskipun his life’s probably better than most of us living in third world country).

Fun fact: I just discovered that he’s also into healthy stuff nowadays.

eminem2
Source

Stay To Your Roots

Dari dulu, tema lirik yang ditulis Eminem adalah seputar kehidupannya, bahkan setelah dirinya terkenal. Dia berhasil mengubah pahit-manis hidupnya jadi lirik manis-manis buat orang lain.

Cek aja lirik “Stan”. Dalam lirik lagu itu, Eminem membahas soal fansnya yang sok meniru gaya hidupnya. Dengan satir, dia bilang kalo kekerasan dalam lirik-liriknya sebenernya cuma guyon dan bodoh aja kalo lo coba ngikutin itu. Lagu itu ditulis dari sudut pandang surat yang dikirim fannya. Jenius.

Saat sudah terkenal, biasanya orang akan lebih jaim. Nah, ini biasanya berpengaruh ke kualitas karyanya. Tapi Eminem beda, he only want to do what he’s great at, which is writing lyric and rap. Terbukti lirik-lirik dari bapak Eminem ini tidak berbeda jauh dalam hal tema dari saat pertama kali dia muncul.

Those are three points that I’d like to point out about Eminem. Kombinasi dari kejujuran, pembuktian dan kekonsistenan yang bikin rapper ini jadi inspiratif di mata gue. Please click like/share if you find this post useful 🙂

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s