Efek 100 Blog Posts

type-away.jpg
3 bulan terakhir ini, gue coba untuk rutin ngeblog. Awalnya blog ini gue bikin untuk nyatet pikiran sehari-hari yang kemudian berkembang jadi seperti apa yang lo baca ini.

3 bulan terakhir ini , gue nulis rata-rata 20 tulisan per bulan dengan panjang tulisan 300-1000 kata dan kadang hanya foto. Gue sempet nulis full in english, tapi sekarang udah mixed.

Mengenai topik, awalnya blog ini untuk nyatet pikiran gue. Stress reliever, mental healing, whatever. Kemudian bertambah dengan sharing life lesson dan ide-ide random.  Belakangan berkembang jadi random thoughts on random things, as a result of caffeine induced overthinking -_-

Takeaway points: Perubahan konsep di blog itu normal. Sama seperti manusia yang berkembang, blog juga bisa berkembang atau malah keluar jalur dari konsepnya. Itu yang bikin blog menarik dan autentik. Itu yang bikin pembaca yakin bahwa penulis bener-bener manusia, bukan mesin.

Soal Stats dan Trafik

I’m a data geek. Gue bolak-balik liat statistik views, followers and traffics. Gue coba analisa topik apa yang paling banyak dibaca, tulisan mana yang banyak komennya, source mana yang ngedatengin banyak trafik, promosi dimana yang ternyata efektif dan sebagainya. Ternyata hal itu malah bikin gue jadi terlalu distracted dan ga fokus pada tujuan awal, yaitu sharing.

Jadi, gue udah uninstall WordPress app dan Kaskus di handphone. Dua aplikasi itu yang makan terlalu banyak atensi. Handphone gue fokusin buat foto dan reading, sedangkan nulis gue fokusin di tablet dan notebook.

On the side note, views blog ini meningkat pesat. Traffic dari Kaskus lumayan ngebantu dan engagement-nya lumayan. Ada beberapa orang yang sempet nanya langsung, which makes me believe I’m making a real change. Yang aneh adalah traffic dari Google search. Tulisan singkat nan gak jelas gue soal kenaikan harga rokok rupanya banyak dikunjungi sehingga lumayan ngedongkrak trafik bulan Agustus 2016. Tapi ya level of engagement nya kurang begitu oke.

Takeaway point: Blogging itu butuh konsistensi dan waktu. Traffic, views atau followers akan bertambah sendiri kalo tulisan lo emang bermutu. Agar lebih banyak orang kenal dengan blog lo, jangan lupa untuk promosi di forum/sosial media, interaksi dengan blog lain bahas hal-hal yang up to date.

Dan Reaksi Orang Sekitar

Gue ga promosi ke orang-orang sekitar soal blog ini. Sebagian besar orang tau kalo gue ngeblog dari tulisan yang jadi HT di Kaskus, yang gue post di LinkedIn juga.

Beberapa orang yang baru tau, langsung konfirmasi, “lu punya blog?”.

80s awkward cringe oh god uncomfortable
Gue jawab “Iya”. Source

Dan selama ini, conversationnya berhenti disitu. Gue risih kalo tau ada yang baca blog ini, haha, tapi toh semua tulisan yang ada disini udah terlanjur di publik.

Pengaruh Blogging ke Diri Gue

Nulis blog bikin gue lebih terbuka akan hal-hal baru. Sebelumnya gue males explore kota yang gue singgahi, sekarang gue tertarik untuk explore barangkali ada yang menarik dan bisa di-share, atau paling nggak, ada stok foto yang bisa didapet.

20160410_063911 edit
Foto ini misalnya. Gue dapet setelah bangun pagi-pagi kemudian jogging 4 kilo di area yang belum pernah gue kunjungi sebelumya.

Gue juga jadi lebih introspektif. Sebelumnya, gue sering ngomong ke diri gue sendiri and it frustates me since the topic goes around in a circle. Tapi kalo introspeksi itu gue tulis, diskusi dengan diri gue sendiri pun jadi bisa berkembang maju.

Kemudian, ide-ide yang sebelumnya ilang begitu aja, jadi bisa gue tampung di blog. Selain ide, pemikiran-pemikiran gue, tentang apapun, juga udah ada tempatnya. Bagi gue, suka-tidaknya pembaca itu relatif. Tapi gue yakin ada orang yang bisa relate dengan pemikiran-pemikiran gue. Gue juga belajar untuk berani nulis opini. Orang berasal dari bermacam-macam background jadi opini yang keluar atas sesuatu pun juga berbeda-beda. Perbedaan itu yang bikin diskusi/kolom komen jadi menarik.

Gue nemu kebiasaan-kebiasaan baru dari blogging. Salah satunya ambil foto. Gue ngerasa setiap momen itu spesial, jadi rugi kalo ga diabadiin lewat foto, meskipun cuma satu foto (Anyway, I maintain a photo journal on VSCO here). Selain itu, bulan ini gue putusin untuk stop nge-gym dulu karena, akhir-akhir ini, gue ga konsisten olahraga. Cardio gue perlu dilatih dan berat badan gue naik, jadi gue fokusin dulu ke Freeletics agar lebih fleksibel jadwalnya.

Last but not least, nulis di blog adalah self improvement yang paling murah dan gampang. Lo ga perlu butuh gadget yang super canggih untuk nulis di blog dan lo juga ga harus nurutin aturan-aturan yang lo pelajari Bahasa Indonesia di sekolah. Cukup tulis aja hal-hal di pikiran lo. Pakai bahasa yang lo gunain sehari-hari. Jangan pusingin SEO, social media marketing or whatever. Tiga tulisan yang sepanjang 700 kata per minggu bisa ngebawa perubahan besar di hidup lo. Itu yang penting

8 thoughts on “Efek 100 Blog Posts

  1. LOL sorry but I seriously thought you were dead or something tho (since you always pop-out in my email like, everyday). So now I know why; seems like you’re experiencing writer’s block. This is a big deal. You write for yourself but honestly you also write for the feedback of others. I got it. That’s why you got into this post. Well, for me, it doesn’t matter whether it suits your blog or not. Since it’s read-able (and I’m your subscriber already). Always be prepared, just in case, because criticism and flames are always coming to the writers! Just get on with it!

    Liked by 1 person

        1. Iya bro. Gue kasih link di bagian akhirnya. Gue tulis “gue juga ada di wordpress: DailyMumble (clickable link)”.

          Kaskus kekurangan orang yang bisa nulis jadi thread original kemungkinan besar jadi Hot Thread.

          Like

Leave a Reply

