Nostalgia Skripsi

Bikin skripsi/penelitian itu ibarat lupa kunci dan mencarinya di sebuah ruangan yang gelap. Kita cuma bisa meraba dan memastikan bahwa setiap area di ruangan itu telah diperiksa. Perihal kuncinya benar ada di ruangan itu atau ternyata kunci tersebut ada di ruangan lain, itu perkara nanti. 

Skripsi itu romantis. Gue lagi di puncak-puncaknya semangat memberikan sesuatu ke so-called ilmu pengetahuan, waktu gue mulai ngerjain skripsi. Ada rasa deg-degan saat akhirnya gue sampai di tahun-tahun terakhir kuliah karena skripsi biasanya identik sebagai momok penunda kelulusan. Saat itu gue sampe siapin beberapa judul skripsi, in case judul skripsi gue ditolak. Benang merah beberapa judul skripsi itu adalah semuanya berhubungan dengan dampak sosial dan lingkungan.

Skripsi itu idealis. Gue pasang target tinggi “Skripsi gue harus bermanfaat bagi orang-orang di luar sana”. Saat yang lain ambil magang, gue pikir “ngapain gue ambil magang, toh nantinya gue juga akan kerja. Ini saatnya gue bisa ngasih kontribusi ke akademis”. That was it. Topik yang gue ambil dulu adalah pengaruh keterbukaan informasi CSR di laporan keuangan terhadap indikator finansial perusahaan.

Akhir-akhir ini, gue pernah bilang ke salah satu senior kantor soal topik skripsi itu, dia bilang “Jauh amat hubungannya. Jadi lo mau cari hubungan antara CSR dengan keuntungan perusahaan via penulisan laporan CSR di laporan keuangan?”. Yup, saat gue bisa ngebuktiin bahwa sebuah perusahaan bisa dapet profit tambahan karena melakukan CSR, gue berharap makin banyak perusahaan yang invest more on CSR. Gue juga udah banyak baca-baca jurnal dari luar. Pengaruh CSR ke profit perusahaan sudah terbukti positif di banyak negara. Jadi gue pikir ya (hipotesis) hasilnya akan kurang lebih sama dengan di negara lain.

Data CSR yang lengkap ada di perusahaan perbankan since industri ini diregulasi ketat. Kemudian, industri perbankan merupakan salah satu industri yang proaktif dalam melakukan CSR (at least, that was my point of view). Jadi, gue pilih industri ini sebagai sampel. Tapi gue tulis di skripsi beda dengan kenyataan di atas. Gue tulis bahwa industri perbankan memiliki peranan yang sangat penting bagi perekonomian, berkaca dari krisis subprime mortgage yang terjadi di tahun 2008. Well, at least, alasan itu didukung oleh fakta dan penelitian maka tidak mungkin didebat oleh dosen penguji.

books, encyclopedia, knowledge
Gambar dulu, biar ga bosen baca 🙂 Source
Pendek kata, data dari skripsi gue ini gampang untuk didapat. Laporan tahunan bank bisa di download dari internet. Dan, udah. Gue bisa dapet informasi soal variabel dependen dan independen-nya dari laporan tahunan doang. Sedangkan, cara untuk analisa laporan tahunan diadaptasi dari penelitian-penelitian sebelumnya. Gue cari yang applicable dan juga mendekati kenyataan. Proses paling lama ada di proses ekstrak data dari laporan tahunan karena gue harus baca satu persatu puluhan laporan tahunan.
In the end, satu hal yang bikin gue bingung adalah soal parameter nilai skripsi. Saat semua tes statistik sudah terlewati namun hasilnya berbeda dengan teori, apakah artinya nilai skripsinya jelek? Karena hasil enam bulan gue ngerjain skripsi adalah: “Kunci tidak ada di ruangan gelap ini”. Ketiadaan kunci bukan berarti kegagalan proses pencarian kan? Gue terima B+ dengan senang hati 😀

After all, pengalaman ngerjain skripsi adalah salah satu hal yang paling gue inget di masa-masa kuliah. Gue suka saat gue fokus ke suatu hal dan ignoring hal-hal lain; saat gue ngerjain skripsi, kerjaan gue cuma nulis skripsi sedangkan sampingannya adalah mandi dan makan. Hustling, my life was in a halt when I started to work on my thesis. Somehow, it relaxing because I only focus on the task on hand. My mind was neither in future nor past; it was in present. Andai gue bisa nerapin fokus seperti itu di kerjaan gue sekarang 😀 Jah.

Thanks for reading this random rants! Share dong pengalaman nulis skripsi bapak/ibu sekalian di kolom komen. Atau bisa juga dengan nulis di blog sendiri dan share linknya disini 🙂 

3 thoughts on “Nostalgia Skripsi

  1. bang, aku juga semester ini lagi garap skripsi. doain aku juga ya bang semoga aku ga putus asa kayak pas matkul seminar yang jadi pemanasan buat skripsi. yoshaaaaaaaaaa!

    Like

Leave a Reply

