Apps Sehat Jasmani-Rohani

photo-1430165558479-de3cf8cf1478.jpg

Ini tiga apps yang sekarang paling sering gue pake. Handphone gue terbatas, jadi gue pake handphone gue cuma buat baca, nulis draft/ide/notetaking, ambil foto dan denger musik.

Evernote

Gue sekarang pake Evernote. Gue pake karena keunggulannya adalah app ini bisa sync dengan beberapa device dan smooth dipake di handphone gue. FYI, handphone gue jadul, so most likely it’ll run faster on your phone. Dengan app ini, gue bisa simpen ide dan draft dengan sekali klik. Kemudian, in the end of the day, gue bisa buka draft tersebut di laptop. Lumayan ngebantu untuk jenis tulisan gue yang panjangnya cuma 500-800 kata , jadi ga terlalu banyak nulis-nulis lagi kalo malem. Cara gue pake Evernote niru work flow-nya Jon Westenberg yang dijelasin di tulisan ini:

Digital note sangat ngebantu. Sekali gue tulis di digital note, ide/catetan/draft gampang  untuk di recall. Kalo gue tulis di buku notes, gue sering lupa karena tercecer di buku itu. FYI, gue biasa bawa dua buku notes, ukuran A5 dan ukuran A6. Kadang-kadang  catetannya bisa ilang entah kemana padahal gue butuh banget kalo lagi meeting. Dengan digital note, gue bisa tag catetan gue itu as favorite, jadi bisa setiap saat ada di homepage.

Kemudian, gue juga suka clipping tulisan dari berbagai macem sumber. Tujuannya untuk share ulang atau gue review cara penulisannya. Sebelumnya, gue pake Pocket tapi ternyata mubadzir karena gue udah ada Evernote. Jadi bye bye Pocket, gue pindah ke Evernote.

Selama gue pake Evernote, kekurangannya adalah harga subscription untuk premium featurenya mahal. Tapi untuk casual user kaya gue, basic feature juga udah sangat ngebantu.

SoundCloud

Gue pake musik untuk setting mood. Kalo gue pengen kerja, gue denger musik yang bisa ningkatin konsentrasi gue. Kalo gue pengen nyantai, gue denger musik yang mellow. Kalo gue mau olahraga, gue denger workout music. Karena gue ga punya waktu untuk bikin playlist, maka gue pake SoundCloud.

SoundCloud adalah aplikasi streaming musik gratis. Biasanya artis akan mengupload musiknya di SoundCloud kemudian user bisa buat playlist untuk di-share ke user yang lain. Nah, gue penikmat playlist-playlist ini.

User soundcloud super banyak. Bermacam-macam jenis musik bisa didengerin di apps ini. Bahkan, menariknya, kita juga bisa denger recording yang ga mungking di-release major label karena masalah copyright. Misalnya seorang penyanyi yang iseng cover lagu milik penyanyi lainnya.

And I currently addicted to #chill. Chill adalah subgenre dari electronic music dengan karakteristik mellow dan beat dengan tempo sedang. Musik ini cocok banget buat relax; berasa lagi main air di beach club.

Freeletics Bodyweight

FYI, I ditched my gym membership. For two months only. Gue sadar kalo gue gak konsisten ngegym. Frekuensi nge-gym turun drastis dengan banyak alasan. Padahal, sering kali gue udah siap dengan bawa sepatu dan baju ganti tapi ada aja alasannya. Entah, ujan atau tiba-tiba mikir mending bersihin rumah daripada nge-gym. Jadi gue stop nge-gym dulu selama dua bulan untuk fokus ke konsistensi.

Sebagai gantinya, gue pake Freeletics. Sebelumnya, gue udah pernah pake Freeletics kurang lebih 2 tahun yang lalu. Saat terakhir kali gue tinggal, gue ada di level 11. Jadi, Freeletics ini punya sistem level yang akan naik sesuai poin yang lo dapet saat lo menyelesaikan suatu workout. Nah, goal gue adalah konsisten naikin level setiap minggu satu level. Setelah gue install lagi Freeletics, gue udah naik jadi ke level 14.

Bagusnya Freeletics Bodyweight adalah app ini sudah menyediakan workout bawaan yang bisa lo coba lakuin tanpa peralatan apapun (paling cuma matras biar punggung gak sakit). Gue biasa pake handuk bersih sebagai pengganti matras kalo kebetulan lagi di hotel. Gue ngerasa tepat pake Freeletics karena Freeletics juga ngelatih cardio. Gue lemah di cardio, gampang ngos-ngosan meskipun sering ngegym karena sebelumnya gue lebih fokus ke weightlifting kalo di gym. Sehingga cardio gue jadi ga terlatih.

Meskipun gue udah hampir 5 tahun olahraga, tapi workout di Freeletics masih merupakan tantangan karena sebisa mungkin gue ngelakuin workout-nya secepat mungkin. Lo bisa ngeliat informasi seberapa cepat orang yang lo follow dalam menyelesaikan suatu workout. Working out is about pushing your boundaries; I feel like Anastasia and Freeletics is Christian Grey (IYKWIM).


Thanks for reading. Lain kali akan gue share tulisan yang lebih berguna. Haha. Peace out!

Leave a Reply

