SEO dan Internet Marketing: Bicara Dapet Duit dari Blog

Terima kasih telah membuat saya mencoba masuk ke dunia blogging.

photo-1443110189928-4448af4a2bc5.jpg

Beberapa tahun lalu, seorang teman ngobrol dengan seorang driver Uber. Si driver Uber ini ternyata punya sampingan lain yaitu internet marketing. Atau dalam bahasa manusianya adalah mencari uang dari views, visits, followers. Kata si driver Uber, penghasilan dari bisnis ini lumayan dan modalnya cuma bayar anak SMA untuk bikin artikel. Voila! Dengan ajaib, trafik akan datang ke situsnya. Oya, internet marketer ini kerjanya berkelompok, jadi mereka saling promote situs/akun mereka.

Alkisah, temen gue ini tertarik dan inisiatif ikut seminarnya. Gue dikomporin dan tertarik juga akhirnya. Jejak-jejaknya masih ada di blog-blog gue selain blog ini, yang gak gue terusin lagi karena gue kurang semangat waktu mengisinya. Kebanyakan bertahan dalam hitungan beberapa post karena topiknya kurang gue suka atau kuasain. Setelah itu, gue harus berpisah jalan dengan temen gue itu: gue jalan ke arah nulis random di blog sedangkan temen gue tetep dengan internet marketing.

Setelah beberapa bulan ini ngeblog, gue juga kepikiran untuk memonetisasi blog gue. Cieh. Padahal visitor juga gak seberapa, tapi gue udah masang banner di homeworxout yang nyambung ke Lazada sebagai affiliate marketing. Tapi secara logika, gue pikir aneh sih. Internet bisa diibaratkan sebagai kota Jakarta. Kalo lo mau beli sesuatu yang precious, lo akan pergi ke tempat yang terpercaya bukan ke tempat random yang baru lo tau (meskipun itu murah). Same thing happens to internet ads. Kalo butuh sesuatu, gue pasti akan pergi ke situsnya langsung, bukan cari diskonannya di banner ads situs random. Gue yakin masyarakat, yang semakin pinter dalam jual beli via internet, juga melakukan hal yang sama. Like, when was the last time you clicked an internet banner? Gue bakal copot banner ad Lazada, percuma juga.

money smoke cash rick ross cash money
Source

Selain itu, akibat dari internet marketing, setiap kali lo search sesuatu maka first page Google akan dipenuhi dengan sampah. Yang gue bilang sampah adalah artikel gak jelas yang ditulis tanpa ada niat lain selain cari duit. Google adsense bayar orang dari jumlah views dan clicks. Ini jadi penyebab orang bikin artikel asal kemudian di-upload ke situs kemudian dicopas ke banyak situs rekanan lain. Semakin banyak artikel itu di copas, maka semakin besar kemungkinan artikel tersebut muncul di page one Google. That’s sad, karena pasti ada orang yang benar-benar ingin share lewat artikelnya jadi terhalang gara-gara sampah-sampah ini.

Beberapa orang juga masuk ke blogging berharap dapat uang cepet. You know, 5-6 bulan udah pengen dapet duit cash. Meh. Berdasarkan artikel yang gue baca, blogging membutuhkan waktu yang super lama sebelum akhirnya dapet duit. Banyak orang masih menganggap ini tahun 2007, dianggepnya orang baru kenal internet. Sehingga, mereka menggunakan cara-cara jadul menarik perhatian orang di dunia maya. Tapi sekarang generasinya udah jauh beda. Ada videonya Gary Vaynerchuk yang menarik soal ini:

Dari video itu, salah satu poin yang menarik adalah konsep soal “Jab, jab, jab, right hook!” yang diartikan “Kasih, kasih, kasih, minta”, atau lo harus contribute dulu baru bisa dapet sesuatu dari internet. Gue setuju dengan pandangan itu karena internet udah gak bisa dipisahin dengan real life sekarang. Seperti layaknya di real life: what goes around comes around, you reap what you sow, etc. The concept is true and tested.

Sampai saat ini, gue belum pernah dapet duit cash dari nulis. Tapi banyak yang lain yang gue dapet dengan cara nyeritain hidup gue ini, misal business opportunity (yang banyak gue tolak, maaf ya :D), temen-temen random yang entah tau darimana soal blog ini, cendol, badge Kaskus dan Plus membership-nya -__- In the end, gue akan jawab pertanyaan yang gue tanya ke diri gue sendiri ini:

Kalo ada yang bayarin buat iklan dalam bentuk tulisan atau banner ads di blog ini, lo mau ga?

Gue akan bilang ke tim internet marketing-nya “Masih banyak situs-situs/aplikasi lain yang lebih rame dari blog ini”, mending gue bantuin buat bikin nulis content-nya kemudian di-post elsewhere. Dengan begitu, gue ga makan gaji buta. Dan untuk banner ads-nya, cukup toko adek gue aje yang nampang di blog gue ini :p


Makasih udah baca tulisan ini sampai abis. Lo bisa subscribe dengan nulis email lo di kolom samping kanan. Setiap orang yang subscribe mendapatkan doa masuk surga, enteng rejeki dan enteng jodoh. Amin.

One thought on “SEO dan Internet Marketing: Bicara Dapet Duit dari Blog

Leave a Reply

