Karya Seni Raksasa Bernama Bandung (2)

bandung29

Post ini merupakan lanjutan dari post sebelumnya:

Karya Seni Raksasa Bernama Bandung

Ada paradigma di kelas menengah bahwa wisata Bandung itu hanya berkisar antara wisata kuliner, bermain tempat wisata dan wisata alam. Nyatanya Bandung adalah playground raksasa dengan detail mengejutkan tersebar di tiap sudutnya. Tata kota Bandung berhasil membuat gue nyaman untuk memutuskan muter-muter Bandung dengan jalan kaki. Bahkan jalan-jalan di area pemukiman pun juga nyaman karena orang Bandung yang kreatif dalam memelihara lingkungannya.

Saat mayoritas orang Jakarta sedang kena macet di Pasteur atau jalan ke Lembang, gue santai menikmati setiap detil kota Bandung. Kebetulan waktu hari Sabtu kemarin (10/9/2016) ada kegiatan marching band untuk anak sekolah di area taman walikota, bazaar anti narkoba di lapangan sekitar gedung merdeka dan ada parade pembukaan Bandung Great Sale. Which made me superlucky to experience those events in one day.

Those events reminded me about how Bandungnese are so creative. Tapi sebelum ke foto-foto itu, gue akan bahas terlebih dahulu soal beberapa desain interior dan produk yang gue temui di Bandung.

Desain Interior

 photo 2016-09-10 11.30.38 1_zpsltqjlrif.jpg
Desain interior dari Kafe Sumber Hidangan yang tetap dipertahankan seperti tahun 1930an.

Memang, desain-desain yang gue tampilin ini hanya akan menampilkan desain yang sedang hip, karena mayoritas merupakan interior tempat makan/kafe. Tapi kondisi ini juga merupakan gambaran perkembangan kreativitas masyarakat Bandung berkembang. Desai interior kafe/restoran biasanya dipengaruhi oleh tren desain yang ada di masa dibangunnya restoran tersebut. Di beberapa tempat yang kita anggap “jadul”, seringkali desain interiornya memang dibuat sedemikian rupa sehingga kesan jadul lebih menonjol. Tren desain yang menurut gue masih hip untuk saat ini ada contohnya adalah:

 photo Bandung25_zps82ro8k9n.jpg
Interior dari Wiki Koffie. Desain dari kafe ini terpengaruh efek dari kebanyakan desain di internet (apa sih-__-). Banyak printilan yang ada di tembok dan tersebar di ruangan tentunya bukan asli dari Sunda/Jawa/Indonesia. Apalagi mura besar itu.

 photo 2016-09-11 11.57.34 1_zpszzlahhlb.jpg
Interior Monsoon Cafe/Workspace. Monsoon banyak terpengaruh desain interior skandinavia dan industrial. Ini terlihat dari pemilihan furnitur yang fungsional dan minim variasi, serta pemilihan tekstur dasar material sebagai aksen.

Oke, sebelum gue ketauan kalo gue sok tau soal desain interior padahal gue cuma tau dari Pinterest, maka langsung aja kita pindah ke desain produk.

Desain Produk

Oke, topik sok tau yang akan gue bahas. Bandung tidak akan lepas dari imejnya yang merupakan kota dengan industri garment yang paling terkenal di Indonesia. Saat gue SMA, distro sedang menyerbu Malang. Barang-barang asal Bandung yang paling terkenal. Kemudian distro ini berkembang dari sekedar rantai produksi-distribusi person to person ke bisnis yang digarap matang.

Meskipun bisnis distro sekarang sudah masuk ke fase mature/decline, tapi ada satu brand yang masih tetep inovatif. UNKL. Gue gak pernah beli dari brand ini karena belum barang yang cocok 😀 Tapi gue akui brand ini cukup inovatif karena berani buat produk yang tidak setengah-setengah semacam surfboard, skateboard, pillows, throws, notebook, hanger dan sempat furnitur.

 photo 2016-09-10 05.01.59 2_zpsup8b8lzv.jpg
Salah satu sudut display di UNKL. Mereka jual patung rusanya loh 😀
 photo 2016-09-10 04.58.56 2_zpsqzfjrpaa.jpg
Super cool clothes hanger!
 photo 2016-09-10 05.00.18 2_zpsgijow29c.jpg
Kaos yang tidak terpakai dibuat sebagai sampel notebook. Beberapa ada yang keren. Beberapa desainnya jadul (liat yang paling kanan).

Akhirnya sampai pada aspek terakhir yang pengen banget gue bahas. Orang Bandung.

 

Orang Bandung

Let the pictures do the justice.

 photo Bandung27_zpsp7m2vfed.jpg

 photo Bandung30_zps4thptvjt.jpg

 photo Bandung24_zpsb054dbkw.jpg

 photo Bandung22_zpsokdmxwzk.jpg

 photo Bandung28_zpsmdct7gkn.jpg

 photo Bandung19_zpslw4lpofa.jpg

 


Alhamdulillah, akhirnya selese juga postingan kedua soal Bandung. Gue pikir akan ngepost banyak by last weekend, tapi ternyata ngeproses fotonya butuh waktu juga. Gue juga ngepost foto di Photobucket sekarang agar storage di WordPress bisa hemat. Thanks for reading!

Anyway, you can get more information about places mentioned here in google :p

 

 

5 thoughts on “Karya Seni Raksasa Bernama Bandung (2)

Leave a Reply

