Freeletics Week#1: So I Purchased 3 Months of Freeletics Coach Subscription

aaeaaqaaaaaaaakpaaaajdmwmtq5nzk2lwvmnjctndzjyi1hmgfilwq4ogrinde4ymyxna

Dulu, gue harus pergi ke toko komputer untuk pinjem CD Software Installer untuk coba-coba install software ke komputer. CD Software installer harus gue pinjem fisiknya dan, mirip dengan rental CD, gue bayar perhari. LOL. Alhasil, komputer pertama jadi bahan eksperimen untuk install-uninstall macam-macam software. Tapi sekarang masanya udah berubah, software berubah jadi apps dan personal computer berubah jadi handphone.

Semakin cepat koneksi internet, informasi pun semakin gampang didapat. Dulu gue install software bajakan kareana gue gak tau source asli dari software itu. Tau source aslinya pun ga akan banyak membantu sebab koneksinya super lemot dan storage yang gue punya hanya disket 1.44 Mb. Sekarang cari dan beli apps/software tinggal klik aja. Harga apps/softwarenya pun gak terlalu mahal.

Alkisah, gue udah beberapa waktu gak bisa ngegym. Banyak alasan yang jadi bukti kalo konsistensi gue dalam olahraga turun. So how to deal with it? I bought a torture app called Freeletics. Jk. Karena ada diskonan, gue beli Freeletics Bodyweight. Ini bukan iklan.

Apa itu Freeletics Bodyweight?

Freeletics Bodyweight adalah aplikasi olahraga/social media yang menyediakan set workout yang bisa dilakukan di rumah karena hanya memerlukan bodyweight aja. Dalam versi free-nya, freeletics sudah mencakup gerakan-gerakan dasar dan set workout dasar. Sedangkan jika kita berlangganan versi premiumnya, maka fitur coach dan seluruh gerakan/workout bisa kita gunakan. Fitur coach ini akan mengatur set workout yang harus kita lakukan tiap minggunya. Semua workout ini akan diatur sesuai dengan kemampuan kita sendiri.

Fitur sosial media adalah salah satu aspek unik dari apps ini. Pada awalnya, apps ini dipasarkan dengan cara membuat komunitas-komunitas Freeletics di daerah-daerah. Seinget gue, salah satu ambassadornya itu Andien. Yeah the singer.

Image result for andien freeletics
Here she is. Tempo.co

Sekali lagi, apps ini memang dipasarkan agar orang-orang bisa olahraga dalam grup atau komunitas.

Image result for andien freeletics
Freeletics Makassar. amaliarosadotcom.wordpress.com

Tapi, bagi gue, sosialisasi bukan poin utamanya. Freeletics punya fitur leaderboard. Setiap orang yang lo follow akan masuk di leaderboard tersebut. Orang yang poin dan personal recordnya paling canggih akan ada di ranking teratas. Sebagai seseorang yang haus achievement dan kompetitif, fitur ini yang paling gue suka. Sudah terbukti kalo semakin bagus performa gue, badan juga akan semakin bagus 😀

Anyway, gue orang yang lebih mengutamakan performa daripada penampilan. Beberapa waktu lalu, salah satu goals gue di weightlifting adalah melakukan deadlift 2 kali berat badan atau sekitar 130 kg. Goal itu achieved di bulan Juni tahun 2015, dan masih gue pertahanin sampai sekarang. Tapi gue terlalu fokus di weightlifting jadi kurang cardio. Maka dari itu gue juga pake freeletics untuk menaikkan performa cardio juga.

Beberapa dari lo mungkin heran, kenapa kok gue sampe concern banget dengan strength dan cardio ini. Dua indikator itu termasuk proxy terbaik untuk bikin hidup gue lebih personally happy.

Sebelum Akhirnya Beli

Jadi mungkin sebagian udah ngeh kalo ada logo freeletics yang gue taroh di tab “Current Addiction”. Beberapa waktu lalu, akhirnya gue mutusin untuk stop nge-gym dulu buat mantepin konsistensi. So, gue install lagi Freeletics dan mulai lagi dari awal.

Freeletics punya indikator level yang akan bertambah seiring semakin banyak seseorang berlatih dengan Freeletics. Terakhir kali gue uninstall Freeletics, gue udah level 11. Setelah 3 minggu latihan, gue sekarang udah di level 14. Salah satu objektif mingguan gue adalah naikin satu level Freeletics. Sekalinya gue sok-sok sibuk di tengah minggu, gue harus nyiapin nyali di akhir minggu karena latihannya bakal parah. Haha.

Beberapa waktu lalu, ada promo 25% off di Freeletics. Sebelumnya 160 ribu per bulan jadi sekitar 130 ribu per bulan. I am telling you now. Biaya langganan nge-gym gue 150 ribu dan selama beberapa bulan terakhir males-malesan tapi tetep gue bayar. So, diskonan ini gue anggep opportunity untuk mulai dari awal lagi plus dengan harga lebih murah 😀 So I bought it.

The #1 Week: Introduction Week

Minggu ini adalah minggu pertama gue latihan pake Freeletics Coach. Gue pilih latihan yang bisa increase strength/muscle dan endurance dengan jadwal 5 kali seminggu. Pola latihannya adalah sebagai berikut:

  • Day 1: Poseidon | 04:42

    • Round 1: 20 Pullups | 20 Pushups
    • Round 2: 15 Pullups | 15 Pushups
    • Round 3: 10 Pullups | 10 Pushups
    • Round 4: 5 Pullups | 5 Pushups
  • Day 2: Morpheus | 06:03

    • Round 1: 5 Pushups | 10 Lunges | 20 Jumping Jacks
    • Round 2: 7 Pushups | 15 Lunges | 30 Jumping Jacks
    • Round 1: 10 Pushups | 20 Lunges | 40 Jumping Jacks
    • Round 1: 7 Pushups | 15 Lunges | 30 Jumping Jacks
    • Round 1: 5 Pushups | 10 Lunges | 20 Jumping Jacks
  • Day 3: 2/3 Hades | 18:45

    • Round 1: 25 Burpess | 15 Pullups | 15 Pushups | 25 Burpess | 75 Jumping Jacks
    • Round 1: 25 Burpess | 15 Pullups | 15 Pushups | 25 Burpess | 75 Jumping Jacks
  • Day 4: 2/3 Hades | To Be Done

    • Round 1: 25 Burpess | 15 Pullups | 15 Pushups | 25 Burpess | 75 Jumping Jacks
    • Round 1: 25 Burpess | 15 Pullups | 15 Pushups | 25 Burpess | 75 Jumping Jacks
  • Day 5: Hyperion | To Be Done

    • Round 1: 5 Pikes | 25 HH Squats | 5 Pikes | 25 High Knees | 60 Sec Rest
    • Round 2: 5 Pikes | 25 HH Squats | 5 Pikes | 25 High Knees | 60 Sec Rest
    • Round 3: 5 Pikes | 25 HH Squats | 5 Pikes | 25 High Knees | 60 Sec Rest
    • Round 4: 5 Pikes | 25 HH Squats | 5 Pikes | 25 High Knees | 60 Sec Rest
    • Round 1: 5 Pikes | 25 HH Squats | 5 Pikes | 25 High Knees

Itu menu minggu ini.

Hari ini masih hari Kamis, jadi gue punya 3 hari untuk menyelesaikan 2/3 Hades dan 1 Hyperion. 3 sesi latihan pertama lumayan bikin ngos-ngosan karena cardio dan endurance yang masih payah. Ekspektasi gue: setelah 3 minggu coach training, cardio dan endurance gue bisa jauh lebih baik 😀 AMIN.

Last but not least, you can follow me in Freeletics, username gue: Luthfy Prayoga (atau klik logo Freeletics di bagian kanan aja) supaya bisa saling menyemangati dalam berolahraga 😀 Gue juga akan update progress gue di blog ini. See you, Free Athletes!

 

6 thoughts on “Freeletics Week#1: So I Purchased 3 Months of Freeletics Coach Subscription

Leave a Reply

