Cara Buat PD Gimana Sih?

concert, entertainment, lights
Source: Pexels.com

Sharing cara mengurangi rasa takut komunikasi dengan orang lain, meningkatkan percaya diri dan teknik presentasi. Tulisan ini telah dipost sebelumnya sebagai balasan thread di Kaskus.

Gansis, ane mau tanya cara biar pede itu gimana sih, soalnya ane waktu maju presentasi ato masuk ke keramaian di kampus itu asli ga pede banget, akhirnya ngomong ane jadi gagap2 gimana gitu + waktu presentasi juga gitu ga berani natep muka temen2 yg liat presentasi gw jadinya kyak baca presentasinya gitu datar mulu, sambil sesekali salah baca..

Asli mau berubah ane gansis, daridulu cuman dapet kata2 “cintailah dirimu apa adanya blablabla” ane pingin yg lebih praktikal, kayak ane harus latihan ngapain gitu..gansis

kaskus.co.id


Yo! TS!

Gue introvert dan gak PD banget pada tahun awal-awal kuliah. Gue dulu kalo mau berpapasan dengan orang yang gue kenal aja lebih milih untuk muter/menghindar. Sampe-sampe gue beli buku “goodbye to shy” – Leil Lowndes. Lol.

Karena tuntutan pekerjaan, gue diharuskan untuk super PD. Lawan diskusi gue jauh lebih pengalaman dan senior, jadj kalo gue keliatan lemah dikit pasti langsung kalah. Padahal, inti dari pekerjaan gue ini adalah main diskusi dengan bukti dan argumen. Mau ga mau, gue harus belajar untuk ningkatin kepedean. Sekarang gue udah jalan 4 tahun di dunia, pede udah jauh lebih meningkat dengan poin-poin yang gue terapin dan selalu gue inget-inget ini:

1. Percaya bahwa Tuhan selalu dibelakang gue kalo gue ngerjain hal yang positif/benar

Gue pegang ini bener-bener. Prinsip ini gue terapin mulai dari kalo grogi ngirim email doang, gugup interview, nervous presentasi dll. Kalo lo percaya bahwa lo didukung Dzat yang Maha Besar, ga akan ada yang bisa bikin lo down. Lo tinggal bilang di dalam hati “Gue disini karena dukungan Tuhan” kalo ada yang mengintimidasi lo.

2. 200% Present

Kalo lo gugup, coba lo tanya ke diri lo sendiri, apa sih tujuan sebenernya lo ada disitu, saat itu. Misalnya kalo gue presentasi, tujuan gue adalah menjelaskan ke temen-temen gue agar mereka ngerti. Nah, kalo gue mikir seperti itu, mindset gue berubah dari “oh, gue presentasi” ke “wah, temen-temen ngerti ga ya yang gue presentasiin”. Perubahan mindset dari yang gue-sentris ke temen-sentris/audience-sentris bisa bikin lo lepas dari pikiran yang terlalu kritis ke diri sendiri. Lalu pikiran lo itu bisa lo pake untuk “care” ke audience, mengusahakan mereka mengerti poin yang lo sampein. Sekali lagi, kalo lo nervous/gugup, tanya ke diri lo tujuan lo saat itu apa.

3. Fake it until you make it

Kalo lo grogi, pura-pura jadi orang yang percaya diri. Di awal kerja, gue dibilang mirip satpam karena badan gue yang cungkring tapi gue tegap2in. Gue ngelakuin itu karena gue tau kalo orang yang pede itu biasanya berdirinya tegap, posturnya bagus, ngomongnya lantang dan lancar (btw, gue ngomongnya sempet gagap juga, haha). Gue fake it, banget, sampe-sampe pernah di awal pelatihan gue angkat tangan jadi ketua kelas kemudian berefek gue beberapa kali musti kasih speech, in english, di depan direktur utama expat. Believe it or not, that was the first time I am doing speech in english. Setelah kelar pelatihan, imej gue dibilang over-confident. Kayanya speech gue gak bagus, tapi dibilang over-confident aja udah prestasi tersendiri buat gue.

5. Endorfin dan Testosteron

Dua zat di atas sukses naikin level kepedean gue. Tapi zat-zat itu bukan obat yang bisa di beli di apotik. Zat-zat itu sebenernya hormon dan bio chemical yang diproduksi tubuh saat lo melakukan kegiatan tertentu.

Olahraga. Lo cek di salah satu thread yang gue tulis. Gue olahraga mulai dari sebelum gue kerja, dan rutin sampe sekarang. Dalam seminggu, gue olahraga 5 kali dengan durasi cuma maksimal setengah jam. Kenapa gue olahraga? Karena gue butuh. Olahraga di pagi hari, bisa bikin badan produksi endorfin dan testosteron. Endorfin zat bahagia, gan. Seharian lo bakal rileks dan tenang. Testosteron adalah hormon laki-laki (ga masalah buat lo yang cewek). Lo butuh hormon ini setiap saat, gan. Hormon ini ngebuat lo secara fisik jadi alpha male (lo liat dah gorilla yang jadi pemimpin di grupnya, itu testo-nya pasti paling tinggi) dan ngaruh besar ke mental lo: lebih berani ambil risiko, lantang, pede dll. Bahkan selebriti yang udah tua, inject testo buatan (steroid) ke badannya biar lebih pede (coba googling soal stallone, lol).

Gue gak bosen-bosen nulis soal olahraga karena efeknya yang luar biasa besar di hidup gue saat ini. Gue bahkan nyesel kenapa gak dari dulu-dulu gue rutin olahraga.

4. Persiapan (Ketuker dengan yang diatas )

Grogi, nervous saat presentasi bisa jadi lo kurang persiapan. Ini berlaku juga untuk kegiatan-kegiatan lain. Persiapan itu super penting. Misalnya kalo lo berpapasan dengan orang yang lo kenal di jalan, yang harus lo siapin biasanya gini:

  • Senyum, biar lo tetep waras dan keliatan ramah
  • Sapa, “hai, halo, spada, terserah” tone-nya lo naikin biar lo keliatan semangat
  • Basa-basi, “eh, ga kelas?” “apa kabar?” you get the point

Jadi lo cuma ngelakuin itu aja. Biar lo ga terlalu terintimidasi, intimidasi balik orang yang lo ajak ngomong dengan banyak nanya. Dengan banyak nanya, lo terhindar dari kewajiban ngomong banyak dan, poin plusnya, lo jadi terlihat lebih perhatian

Anyway, semoga tulisan ini bisa naikin kepedean lo dan kalo ada pertanyaan bisa quote/pm/email ke homeworxout@gmail.com.

 

4 thoughts on “Cara Buat PD Gimana Sih?

  1. waw bang O.O semoga setelah aku melakukan tips baru yg dari abang aku bisa PD. soalnya dosen aku aja ampe nyamperin aku buat nenangin aku pas presentasi T.T beliau baik kok bermaksud gt biar aku msh bisa latihan buat presentasi skripsi nanti. Dan yang nomor 1 yang paling ga pernah aku lakukan ga kepikiran juga buat aku lakukan *makhluk macam apa ini* YOSH!
    “kita rubah selagi kita bisa merubahnya” ngehehehe

    eh btw aku kemaren ikut tes kepribadian gt. katanya aku 70% introvert. itu semaki lama semakin bisa kita turunin kan?

    Like

    1. Halo lagi curious kaoru,

      Memang susah jadi introvert sekarang. Orang ekstrovert lebih “disukai” karena lebih rame, open, seru dan lain-lain. Tapi bukan berarti kadar introvert harus diturunin 😀

      Coba tes dan baca di 16personalities.com deh. Disitu bisa analisa kepribadian kita, bisa tau plus-minusnya, lalu cara menyikapinya di karir, kehidupan sosial, love life dan lain-lain. Disitu juga dijelasin orang-orang sukses yang kepribadiannya sama dengan kita 🙂

      Like

  2. keren tips2nya. aku juga dulu pemalu bgt, emg mesti diniatin berubah, lama2 pasti bisa. klo aku bisa tambahin nih, cari media. klo aku, milih organisasi, akhirny terpaksa gaul sm org2 yg gak dikenal dan jarang ditemuin. ini juga pengaruh bgt.

    @curios kaoru : sebenerny org introvert itu gak masalah.introvert itu bukan pemalu, bukan pendiem. mereka org2 yg punya energi ke dalem. org2 yg cocokny jadi filsuf, pemikir, dan penulis, dkk. mereka ini tetep bisa sosialisasi, klo malu ya dgn tips2 di atas juga oke. masa semua org ekstrovert? nanti gak ada lagi yg jadi filsuf dan penulisny hehe…

    Like

Leave a Reply

