Freeletics Week#2: Episode Hantu Geser Furnitur di Hotel

Hasil gambar untuk freeletics motivation
Source: Freeletics-duo.de

Melanjutkan Freeletics Log #1 yang bisa dibaca disini:

Freeletics Week#1: So I Purchased 3 Months of Freeletics Coach Subscription


Minggu kedua Freeletics start di hari Selasa 20/9/2016, karena gue molor sehari di minggu lalu. Kemudian, gue bener-bener start workout untuk minggu kedua di hari Kamis malem. Dari Senin malam – Rabu, gue begadang minimal tidur jam 12 karena kerjaan udah mepet deadline dan gue ngejar untuk tetep aktif di blog ini. Hasilnya, sampai hari ini, gue cuma nyelesein 2 workout sessions dari 5 workout sessions yang dijalankan.

The #2 Week: Unleash The Beast

Fokus minggu kedua masih sama dengan minggu pertama, yaitu strength dan cardio. Jadwal latihannya gue pilih 5 kali dalam seminggu, which is too much karena kerjaan minggu ini lagi super hectic. Mostly, gue pake latihan pengganti yang bisa  dilakukan di area 2×2 meter karena gue gak bawa sepatu lari waktu di Bandung. Gue juga ngelakuin perubahan-perubahan gerakan, misalnya pull up yang gue ganti jadi pike. Alasannya karena ga ada pintu buat gelantungan. Haha.

  • Day 1: Hades | 37:35

    • Round 1 : 25 Burpees | 15 Pullups | 15 Pushups | 25 Burpees | 75 Jumping Jacks
    • Round 2 : 25 Burpees | 15 Pullups | 15 Pushups | 25 Burpees | 75 Jumping Jacks
    • Round 3 : 25 Burpees | 15 Pullups | 15 Pushups | 25 Burpees | 75 Jumping Jacks

Workout session pertama, gue mulai jam setengah sebelas malem. Haha. Kalo ada lo sempet denger ada cerita tentang suara misterius geser-geser furnitur di malam hari, atau suara ngos-ngosan, mungkin kamar lo di samping kamar orang-orang kayak gue. Workout session pertama itu Hades. Gue baru pertama kali nyelesein Hades dan ngos-ngosan parah waktu burpees. Sempet sempoyongan juga. Tapi akhirnya bisa selese 😀

  • Day 2: Atlas | 50:20

    • Round 1: 75 Jumping Jacks | 25 Burpess | 50 Straight Leg Levers | 75 Jumping Jacks | 50 Situps | 25 Burpees
    • Round 2: 75 Jumping Jacks | 25 Burpess | 50 Straight Leg Levers | 75 Jumping Jacks | 50 Situps | 25 Burpees
    • Round 3: 75 Jumping Jacks | 25 Burpess | 50 Straight Leg Levers | 75 Jumping Jacks | 50 Situps | 25 Burpees

Workout session kedua selese di hari ini, Sabtu (24/9/2016). Waktu banyak kebuang di Situps dan Burpess, ngos-ngosan jadi harus break. 150 situps awalnya keliatan berat banget, tapi setelah dibagi-bagi jadi bisa diselesein. Badan udah lumayan biasa dengan burpees jadi ga gampang sempoyongan waktu volume burpessnya gede. 100 jumps bikin badan berasa dikocok-kocok, lactic acid dari lambung bisa sampai ke kerongkongan. After all, nyelesein Atlas bikin gue ngerasain lagi takutnya mulai olahraga. Sesi olahraga yang begini ini yang bikin kondisi mental naik kelas. Atlas ya Atlas, awalnya keliatan impossible tapi kalo tekun dan sabar akhirnya possible juga.

Minggu ini sisa 3 workouts, best case-nya: gue bisa selesein 2 workouts sekaligus besok. Sedangkan worst case-nya: gue cuma bisa sekali workout besok :D. Post ini akan gue update sejalan dengan progress gue nyelesein Week#2 Freeletics. So stay tune!

 


UPDATES!

  • Day 3: Dione | 52:32

    • Round 1: 75 Jumping Jacks | 25 Burpess | 50 Straight Leg Levers | 75 Jumping Jacks | 50 Situps | 25 Burpees
    • Round 2: 75 Jumping Jacks | 25 Burpess | 50 Straight Leg Levers | 75 Jumping Jacks | 50 Situps | 25 Burpees
    • Round 3: 75 Jumping Jacks | 25 Burpess | 50 Straight Leg Levers | 75 Jumping Jacks | 50 Situps | 25 Burpees

Selanjutnya, gue nyelesein workout ketiga di Minggu (25/9/2016). Gue selese jam 23:02 karena dari pagi males-malesan mau workout. Pada akhirnya gue gak bisa tidur gara-gara kebanyakan minum kopi, jadi gue workout aja malem-malem (logika yang aneh). Yang bikin bahagia adalah gue berhasil ngalahin personal best gue dengan selisih 9:40.

Sebelumnya, gue selalu struggle di situps dan burpees. Maklum gue jarang latihan abs dan cardio di gym. Berkat repetisi yang buanyak, badan udah mulai terbiasa padahal baru masuk di minggu ketiga.

  • Day 4: Apollon | 51:55

    • Round 1: 25 Burpess | 50 Situps | 100 Jumping Jacks | 50 Squats | 50 Situps | 100 Jumping Jacks
    • Round 2: 25 Burpess | 50 Situps | 100 Jumping Jacks | 50 Squats | 50 Situps | 100 Jumping Jacks
    • Round 3: 25 Burpess | 50 Situps | 100 Jumping Jacks | 50 Squats | 50 Situps | 100 Jumping Jacks

Workout berikutnya Minggu (30/9/2016), selisih 5 hari dari workout sebelumnya. Padahal, gue seharusnya ngeberesin 5 sesi workout ini di satu minggu tapi malah molor sampe 2 minggu. Di jeda 5 hari itu, gue sempet workout santai sekitar 10 menitan dua kali.

Day 5: 2x Ares | 26:48

  • Round 1: 7 Pullups | 7 Situps |20 Jumps | 60 Secs Rest
  • Round 2: 7 Pullups | 7 Situps |20 Jumps | 60 Secs Rest
  • Round 3: 7 Pullups | 7 Situps |20 Jumps | 60 Secs Rest
  • Round 4: 7 Pullups | 7 Situps |20 Jumps | 60 Secs Rest
  • Round 5: 7 Pullups | 7 Situps |20 Jumps | 60 Secs Rest
  • Round 6: 7 Pullups | 7 Situps |20 Jumps | 60 Secs Rest
  • Round 7: 7 Pullups | 7 Situps |20 Jumps | 60 Secs Rest
  • Round 8: 7 Pullups | 7 Situps |20 Jumps | 60 Secs Rest
  • Round 9: 7 Pullups | 7 Situps |20 Jumps | 60 Secs Rest
  • Round 10: 7 Pullups | 7 Situps |20 Jumps

1/10/2016. 70 pullups adalah jumlah pullups terbanyak yang gue lakuin dalam satu sesi workout seumur hidup. Salah satu tantangan terbesar di Freeletics adalah volume latihan yang gede. Dari 2 minggu pertama ini aja, gue udah ngelakuin ribuan repetisi. Lol. Jika dibandingkan dengan latihan di gym, rata-rata gue bisa ngelakuin 12 x 4 x 7 x 4 = 1.344 repetisi per minggu.

Salah satu trik gue untuk mengatasi ini adalah dengan membagi-membagi sendiri repetisi yang super besar dan nyelipin rest diantaranya. Misalnya 25 burpees udah lumayan berat buat gue. Jadi gue akan bagi jadi 3 x 8 burpees dengan rest beberapa detik di sela-selanya. Kalo masih berat, gue akan bagi jadi 5 x 5 burpees. Semakin banyak rest artinya semakin mudah gue memantain mental untuk tetep maju meskipun pelan-pelan. Pada akhirnya, kita lebih baik fokus di konsistensi dan form daripada kecepatan di minggu-minggu awal Freeletics.

Leave a Reply

