Butuh 2 Jam Lagi

 photo 2016-09-18 08.19.32 1_zpsj2hwizaa.jpg

Jika lo bisa dapet apa yang lo mau hanya dengan kesabaran dan ketekunan.

Di tahun pertama kuliah, gue punya pengalaman ikut seleksi masuk di sebuah organisasi mahasiswa. Sebut saja organisasi A. Seleksi masuk di organisasi A berbeda dengan seleksi organisasi lain. Masa jabatan di organisasi lain rata-rata adalah satu tahun, tapi masa jabatan di organisasi A adalah 3 tahun. Dengan kata lain, jika seorang mahasiswa berhasil join, maka mahasiswa tersebut baru bisa non aktif di awal semester 8. Butuh konsisten, sabar dan tekun. Sehingga kriteria seleksi anggota baru pun menyesuaikan dengan kondisi tersebut.

Selama 3 bulan, tiap calon anggota akan “magang” di organisasi A. Karena organisasi ini adalah organisasi jurnalistik, jadi calon anggota diberi tugas membuat liputan mengenai kejadian seputar kampus, laporan penelitian, proposal proyek dan lain sebagainya sesuai dengan divisi yang dimaui. Tantangan terbesar dari seleksi ini ternyata bukan pada beratnya tugas yang diberikan, tapi pada waktu seleksi yang lama. Seleksi masuk di organisasi lain rata-rata memerlukan waktu sebulan, sedangkan organisasi A memerlukan 3 bulan.

Bisa ditebak. Satu persatu calon anggota mengundurkan diri karena menganggap proses seleksi terlalu lama, telah diterima duluan di organisasi lain atau ternyata tidak cocok dengan budaya organisasinya. Sehingga akhirnya tersisa calon anggota yang berhasil membuktikan dirinya bener-bener niat untuk masuk ke organisasi itu. Seringkali, calon anggota tidak perlu diseleksi lagi di tahap akhir karena telah memenuhi kuota anggota yang dibutuhkan.

Moral of the story: Kadang, hal yang dibutuhin untuk mencapai apa yang kita inginkan itu hanya kesabaran dan ketekunan.

Cerita Jam Kerja

Modal utama untuk usaha adalah:

  • Duit atau,
  • Skill atau,
  • Waktu

Let’s say, gue mau duit gue nambah Rp 2.000.000,00 bulan depan.

  • Jika gue punya modal duit Rp 20.000.000,00, gue bisa main forex untuk dapet duit cepet
  • Jika gue punya modal skill, gue bisa kerja jadi karyawan di perusahaan untuk dapet gaji
  • Jika gue cuma punya waktu, gue jadi driver Gojek/Uber

Modal yang paling murah untuk orang yang gak punya duit dan skill adalah waktu. Seringkali fakta ini gak disadari.

Salah satu kerjaan gue adalah nge-review pendapatan bulanan usaha/seseorang. Satu hal yang bikin gue kaget adalah banyak orang yang ternyata pendapatannya ratusan juta per bulan. Gue gak ngomongin CEO ini atau CFO itu, gue lagi ngomongin pemilik toko pinggir jalan yang sehari-hari kita temui.

Gue pinggirin dulu fakta bahwa beberapa wirausahawan tersebut memang dari awal sudah bermodal uang atau skill. Poin yang mau gue bahas adalah soal waktu. Kalo gue amati, toko yang di pinggir jalan buka dari jam 9 sampai jam 8 malam, atau sekitar 11 jam. Jika dibandingkan dengan kerja kantoran kaya gue, maka ada selisih 2 jam. Selisihnya tambah banyak jika hari Sabtu dan Minggu, toko tersebut tetap buka.

= (Jam buka toko x hari) – (Jam kerja karyawan x hari)

= (11 x 7) – (9 x 5)

= Selisihnya 32 jam, atau lebih dari 3 hari kerja tambahan

Masih bingung kenapa orang yang punya toko lebih gede pendapatannya daripada orang kantoran? Lol. Bahkan beberapa wirausaha memilih untuk menggabungkan hidup dengan bisnisnya dengan tinggal di ruko. Fakta ini bikin gue introspeksi.

Jadi gue inisiatif untuk nambah waktu kerja gue 2 jam setiap weekdays dan 3 jam setiap weekend. Selama ini, waktu tambahan tersebut gue gunain buat side project gue yaitu bikin content di blog ini dan ngumpulin stok foto di VSCO. Perlahan tapi pasti, waktu yang gue sisihkan untuk “kerja” terlihat hasilnya.

current-state
2 jam per weekdays dan 3 jam per weekends; dari sepi-sepi aja sampe ke jari tengah. Lol.

Jika ada yang ingin lo kejar di hidup lo yang sekarang, coba untuk serius. Perlakukan side job/hobby/project lo seperti jam kerja kantor tambahan. Investasikan waktu lo untuk hal side job/hobby/project tersebut. Kadang hal yang dibutuhin untuk mencapai kesuksesan “hanya” kesabaran dan ketekunan.

Seperti cerita lama soal adu lari antara kelinci dan kura-kura. Kelinci memang lebih cepat, tapi kura-kura lebih sabar dan tekun. Terakhir kali gue cek, kura-kura masih jadi pemenang (Moralstories.org).

7 thoughts on “Butuh 2 Jam Lagi

  1. “Kadang, hal yang dibutuhin untuk mencapai apa yang kita inginkan itu hanya kesabaran dan ketekunan”
    penggalan kalimat yang bagus dan sederhana namun tidak sesederhana melakukannya ya 🙂
    terima kasih dan salam kenal

    Liked by 1 person

  2. “Modal yang paling murah untuk orang yang gak punya duit dan skill adalah waktu. Seringkali fakta ini gak disadari.”

    Quotes ini menarik. Kalau dipikir-pikir lagi emang bener juga. Semua orang punya jatah waktu yang sama: 24 jam. Saya jadi kepikiran gimana caranya mengubah modal waktu yang saya miliki jadi income buat saya pribadi selaku mahasiswa. Yang sedang kepikiran oleh saya sekarang adalah saya mau coba fokus ke beberapa hobi saya, yaa siapa tau bisa mendatangkan income di waktu yang akan datang. Atau ada saran lain? Hehe.

    Btw nice post mas!

    Liked by 1 person

    1. Halo, sorry for the late reply.

      Pertanyaan pertama: Apakah uang menjadi bagian dari fokus lo di saat kuliah?

      Kalo iya, usaha yang cocok adalah usaha yang bisa kasih profit di waktu yang relatif pendek. Contohnya dagang. Beli sesuatu yang murah dari perajin kemudian tambah value produk tersebut dengan marketing di online marketplace. Buka situs marketplace (Bukalapak, Tokopedia, dll) cari barang-barang yang bisa lo dapet dengan harga lebih murah di sekitar lo. Beli barang tersebut dan jual dengan harga dibawah harga rata-rata. Atau kalo bener-bener gak punya modal, ya pake sistem dropship/makelar; short-sell, beli barangnya saat ada order yang masuk.

      Kalo uang bukan fokus utama, do what you love to do.
      But I strongly recommend you to join student competition tho. Ikuti kompetisi-kompetisi mahasiswa. Coba pikirin ikutan kompetisi mahasiswa sebagai lahan cari duit. Selain mendatangkan duit/beasiswa, lo juga bisa dapet fame dan pengakuan dari potential employer di masa depan. Kompetisi juga bisa ngelatih lo untuk kerja dalam kelompok. Kompetisi mungkin juga bisa jadi awal ide-ide inovasi lo di masa depan. Either you want to work in an established corporation or a startup, student competition can prepare you for both, plus you can get the money.

      Hope it helps. Cheers!

      Like

Leave a Reply

