#BelajarBareng : Mobile Photography

 

2016-09-30 09.05.20 1
Edited with preset 10 di VSCO

 

Akhir-akhir ini gue suka mobile photography. Bagi gue, mobile photography adalah terapi, karenanya gue bisa aware dengan lingkungan sekitar dan menemukan keindahan dalam hal-hal simple. Meskipun kemampuan kamera handphone terbatas, rata-rata kamera handphone sudah cukup untuk ambil foto dengan kualitas bagus, terutama jika tujuannya untuk dokumentasi pribadi saja.

Kamera di android pertama gue hanya 5 MP, hasil gambarnya sering gue pake cover/featured image di blog ini. Beberapa foto yang gue ambil pake kamera itu juga featured on VSCO, rada aneh karena kameranya cenderung jelek. Rata-rata foto yang featured on VSCO diambil di dalam ruangan dengan latar yang gak terlalu ribet, jadi kemampuan kamera ditujukan cuma buat nangkep detail objek foto saja. Jika kamera itu  dipakai di malam hari, lampu atau sumber cahaya yang lain, berpendar gak beraturan. Ini salah satu poin yang akhirnya gue pindah pake kamera di handphone lain.

2016-10-14 11.32.54 1
Got featured a while ago on VSCO.

Kamera android selanjutnya 13 MP dengan fitur bisa atur manual ISO, white balance, focus dan exposure. Selama ini gue set mode di automatic (less hassle!) :p tapi akhirnya mulai explore utak-atik setting tersebut.

Di bagian editing, gue pake VSCO. Gue udah pake mungkin udah setahun dan sudah familir dengan user interface-nya yang membingungkan. Gue udah coba beberapa apps tapi ternyata VSCO lebih cocok. VSCO punya banyak presets yang menarik yang sering gue pake sebagai starting point di proses editing. Ini beberapa presets favorit gue di VSCO:

  • 04, 06 dan 10 di Legacy Collection
  • A4, A5 dan A6 di Aesthetic Series
  • H2 di Hypebeast Collection

Gue pake tools ini untuk lebih menonjolkan mood dari sebuah foto. Seringkali, gue udah tau mood yang akan gue tampilin sebelum gue ambil gambar. Jadi pemilihan angle, pencahayaan, objek dan lain-lain sebisa mungkin gue atur untuk mendukung mood tersebut. Tapi adakalanya gue ambil-ambil foto aja dan mikir editing belakangan.

2016-08-03 04.49.23 1
5 MP and got featured on VSCO. Notice how I have to limit the color and simplify the composition.

Uraian diatas sedikit menggambarkan pandangan gue terhadap mobile photography: “easy and instant fun”. Tapi untuk mendapatkan foto yang baik, juga tidak mudah. Ternyata punya kamera bagus pun bukan berarti hasil foto lo juga jadi lebih bagus. Ada standar-standar dasar yang harus diketahui agar foto lo masuk standar “bagus”, lebih-lebih kalo mau masuk standar “luar biasa”.

Dengan segala keterbatasannya, mobile photography jadi menarik untuk dikulik. Gue sempet belajar desain grafis jadi tau mengenai komposisi, teori warna dan photo editing. Tentunya gue juga akan baca-baca dari referensi lain yang masih ada hubungannya dengan fotografi secara umum. So, post ini jadi awal seri belajar bareng mobile photography.

To make it more fun, please share foto paling bagus yang pernah lo ambil dengan kamera handphone lo di kolom komen 😀 Kasih link-nya aja, bisa di flickr, google photos atau instagram!

4 thoughts on “#BelajarBareng : Mobile Photography

Leave a Reply

