Mencicip Meditasi


Imej meditasi lekat dengan imej ibadah agama Buddha. Biksu.  Tong Sam Cong. Ikkyu San. Bo Bo Ho. Mungkin ini yang membuat meditasi kurang populer di Indonesia. Padahal,  jika merujuk ke berbagai macm sumber,  meditasi efektif untuk mengurangi stress dan anxiety. Gue sekarang rutin meditasi paling lama 15 menit setiap pagi dan ternyata meditasi tidak seperti yang selama ini gue pikirkan. 
Gue masih dalam tahap belajar dan setiap kali meditasi pasti ada guide-nya. Guide yang gue pake adalah konten gratis yang bisa kita dengar via streaming. Meditasi bisa dilakukan dengan duduk selonjor atau tidur,  tidak harus bersila. Meditasi biasanya dimulai dengan fokus ke pernapasan. Fokus ini penting untuk meredam/mengistirahatkan pikiran kita dari berbagai macam hal. Biasanya, pemandu akan meminta untuk fokus pada udara yang keluar masuk lewat hidung,  juga ada yang meminta fokus pada naik turunnya dada saat bernafas. Jika ada hal yang tiba-tiba masuk mengganggu fokus,  disarankan untuk tidak melawan/judge dan kembali fokus ke pernapasan (😐 gue comot langsung dari perkataan guide-nya). Lalu,  tergantung dari tujuan meditasi, gue akan dituntun untuk mengingat/membayangkan hal-hal yang bisa sejalan dengan tujuan meditasinya. Misal gue meditasi untuk release stress,  maka guide akan meminta gue untuk mengingat saat-saat paling bahagia. Contoh lain adalah meditasi untuk bersyukur, guide akan menuntun gue untuk membayangkan keluarga,  pencapaian dan lain sebagainya. Biasanya, tanpa terasa 15 menit cepet selesai. 

Praktek meditasi yang seperti ini sebenernya sama aja dengan saat gue di pramuka. Dulu,  semua anggota tim diminta untul merem dan duduk melingkar di perapian. Para pembina kemudian berorasi dengan tujuan memotivasi. Sampe-sampe ada temen yang nangis-nangis, karena pembinanya ngomongin soal “balas jasa ke orang tua”. Lalu, gue juga pernah ikut seminar motivasi yang salah satu kontennya adalah pasang lagu Kenny G,  merem dan membayangkan diri sendiri sukses. Mirip dengan meditasi yang gue lakuin tiap hari. 

Akhir kata, sebenernya meditasi cuma istilah. Intinya: luangkan waktu sejenak setiap hari untuk mengingat kembali hal-hal yang esensial di hidup kita. Jika sedang stress,  coba jernihkan pikiran dengan fokus ke satu hal dan bangkitkan rasa syukur. Itu sih. 

Leave a Reply

