Practicing Photography: Gunung Pancar, Bogor

Tanggal 31 Desember 2016, gue pergi ke Gunung Pancar,  Bogor. Gue gak punya acara di malam tahun baru,  dan gak tertarik juga jadi gue berkegiatan di pagi-sore hari. Alasan gue milih Gunung Pancar adalah gue belum pernah padahal kata Google deket. Sebelumnya gue sempet baca-baca soal gunung-gunung di daerah Bogor,  dan sempet kepikiran untuk tahun baruan di Masjid At Taawun,  Puncak. Ternyata Gunung Pancar adalah pilihan yang paling feasible. 
Perjalanan ke Gunung Pancar, surprisingly, nyaman dan gue udah sampe jam 07:30. Setelah sarapan, gue mutusin untuk eksplor areanya. Ternyata ada pemandian air panas belerang dan mineral. Pemandian air panas belerang dikelola oleh masyarakat sekitar,  sedangkan pemandian air panas mineral dikelola swasta (kayanya sih). Setelah baca referensi di internet,  katanya pemandian air panas mineral,  Giri Tirta,  yang paling mending. FYI,  pemandian Giri Tirta juga menyediakan penginapan/villa. Kalo mau berkunjung singkat pake mobil, mending parkir di daerah hutan pinus dan dilanjutkan jalan 2 km ke area pemandian karena jalannya yang naik turun dan tidak beraspal. Gue nyesel gak parkir motor di hutan pinus,  untung tuh motor gak mogok. Overall, tempat pemandiannya sepi dan privat. Gue dapet tempat yang khusus buat gue sendiri plus gazebo. Berasa jadi orang bener -__-. 


Kesimpulan: Gunung Pancar cocok jika lo mau piknik atau kemah-kemah cantik -__- karena deket dengan Jakarta. Bahkan banyak juga yang pergi ke sana hanya untuk sarapan indomi. 

3 thoughts on “Practicing Photography: Gunung Pancar, Bogor

Leave a Reply

