Daily Mumble 2.0

Di luar perkiraan,  keputusan untuk menulis hal-hal sehari-hari berhasil menumbuhkan blog ini. Niat saya adalah menjadikan blog ini sebagai media output atas segala input selama hidup saya. Berbagai macam input tersebut dan outputnya saya rasa mubadzir jika berhenti di pikiran saya. Saya menikmati belajar dari pengalaman orang lain. Jadi saya buat blog ini sebagai media untuk membuka belajar dan berdiskusi atas segala hal yang terjadi sehari-hari. 

Saya melihat diri saya sebagai seorang pelajar. Setiap hari, saya mempertanyakan nilai-nilai yang saya pegang dan mengujinya dengan nilai-nilai yang saya pelajari dari orang lain. Perspektif ini lantas membuka diri saya atas segala kemungkinan dalam belajar. 

Berkat blog ini, saya jadi bisa mempelajari hal-hal yang sedang ada di pikiran saya. Saya bisa merunut masalah yang terjadi dan melihatnya dari sudut pandang orang lain. Hal yang paling terpenting adalah saya bisa melihat kesalahan saya sendiri sehingga saya bisa mengakui dan memperbaikinya. 

Seperti halnya jurnal penjelajah,  blog ini mendokumentasikan jalan pikiran saya.  Tulisan di sini adalah patokan yang saya pasang untuk menandai bahwa saya sudah melewati jalan ini dan saya tandai jalan tersebut dengan “silahkan lewat”  dan “jangan lewat”. Keberhasilan bisa menjadi panduan dan kegagalan bisa menjadi bahan pembelajaran.

Ada beberapa hal yang akan saya perbaiki. Pertama adalah mengenai penggunaan bahasa. Saya akan meminimalisasi penggunaan bahasa informal dengan tetap menggunakan bahasa yang sederhana. Penggunaan bahasa yang lebih formal merupakan langkah yang saya ambil untuk lebih menghormati pembaca. Perubahan ini saya lakukan dengan harapan agar blog ini bisa menjangkau massa yang lebih luas untuk bisa sharing di media ini. Selain itu,  saya juga punya pekerjaan rumah untuk memperbaiki struktur blog ini. Banyak tulisan yang masih berupa “proses berpikir”, bukan “hasil berpikir”. Tulisan-tulisan tersebut kurang memberi nilai tambah,  jadi kedepannya saya akan menggali lebih dalam dan membawa sesuatu yang baru dalam topik yang saya tulis. 

Anggap saja tulisan ini merupakan awal Daily Mumble 2.0. Semoga kedepannya semakin banyak nilai tambah yang bisa didapat pembaca dari blog ini. 

Cheers, 

Leave a Reply

