2017: Saatnya Menjaga Produktivitas

Ada beberapa hal yang saya rasa menarik untuk dibahas mengenai resolusi. Resolusi saya  di tahun 2017 ini muluk. Saya ingin kembali ke rutinitas olahraga, membatasi makanan, meningkatkan produktivitas. Tahun lalu,  usaha saya untuk mendapatkan itu semua harus berakhir di rumah sakit dengan stress, maag akut dan diare. 
Rantai kejadiannya: Saya banyak buang waktu di  jam kerja sehingga harus mengejar target di luar jam kerja. Untuk mengejar target produktivitas (pekerjaan kantor, olahraga, baca dan menulis), saya bergantung pada kopi. Sampai pada titik minum-kopi-tiga-kali-sehari, saya stress, emosi mudah naik turun dan sering gugup. Kemudian, perut puasa yang diisi kopi dan buah berakibat maag akut dan diare. Pertengahan Desember 2016, saya mau tidak mau harus ke rumah sakit karena kondisi badan sudah tidak bersahabat.

Perbaikan saya mulai dengan cara mengurangi kegiatan saya. Ini contoh kegiatan per minggu yang saya harus lakukan beberapa waktu lalu:

  • Posting minimal 5 kali di blog dengan word counts minimal 600
  • Posting foto minimal 2 foto sehari
  • Olahraga minimal 4 kali setiap sesi 7 gerakan masing-masing 4 set
  • Jendela makan 10 jam dan makan nasi maksimal dua kali sehari
  • Invest jam kerja tambahan minimal 6 jam per minggu

Badan saya harus bekerja dengan defisit tidur saat berusaha menerapkan semua itu. Waktu tidur saya turun jadi hanya 5-6 jam dan saya kompensasi sisanya dengan power nap 15-30 menit di kantor. Yeah, I am that guy who brought a pillow and slept on his desk.

Saya perlu memperbaiki banyak hal di rutinitas saya. Saya sadar jika saya harus mencari titik keseimbangan di rutinitas sehari-hari saya. Ini beberapa langkah yang sudah saya lakukan. 

REDUCE 

Hal pertama yang saya lakukan adalah mengurangi aktivitas yang tidak penting. I bought a new handphone a while ago because my old nokia phone stopped working. It is a very good investment. I can do much more using this handphone now. But it kinda overwhelming. Meskipun saya tidak pernah nonton TV, ternyata waktu saya terbuang main handphone. Akhir-akhir ini, saya install Twitter dan game karena saya pikir penting. Memang Twitter membanjiri saya dengan informasi yang saya suka,  tapi saya tidak menemukan kegiatan produktif lebih dari sekedar membaca artikelnya. Jadi, saya uninstall dan hanya menggunakan Twitter sebagai agregator kegiatan saya di internet. Saya share tulisan menarik, foto, dan tulisan disini via Twitter. Game juga saya uninstall. Saya juga pasang application blocker,  jadi beberapa aplikasi hanya bisa diakses di jam tertentu saja.

SIMPLIFY 

Kemudian saya menyederhanakan kegiatan saya. Misalnya: Dulu, olahraga memakan waktu minimal 2 jam. Sekarang, saya olahraga di rumah dan membatasi waktu maksimal 0,5 jam. Ini saya lakukan karena saya ingin membiasakan ritmenya terlebih dahulu dan kemudian baru menaikkan intensitasnya. Contoh lain adalah menulis blog via handphone. Saya pikir menulis draft di handphone dan mengeditnya di laptop merepotkan. Padahal, pemakaian laptop hanya untuk menambah gambar dan gif. Berhubung interface WordPress di handphone membaik, saya mempermudah proses penulisan dengan hanya via handphone. Proses sharing ke social media lainnya dilakukan otomatis menggunakan IFTTT. 

PLAN FORWARD

Impulse. Pacifier. Dua kata tersebut adalah alasan pentingnya membuat rencana. 

Saya cenderung impulsif jika ada waktu yang kosong dan menghabiskannya untuk kegiatan-kegiatan tidak produktif (pacifier). Untuk melawan itu, saya mengadopsi sistem reward-punishment. Terdengar ribet padahal sistem tersebut berupa aplikasi di handphone.

Jadi saya merunut semua habits, dailies, to do list yang harus saya lakukan. Habits adalah kebiasaan kecil yang ingin saya terapkan. Dailies adalah aktivitas yang ingin lakukan setiap harinya. To do adalah aktivitas insidental. Contoh:

Habits

  • Naik tangga
  • Denger podcast saat commuting
  • Mandi sehabis ngantor
  • Mandi sebelum jam 6 pagi
  • Bawa kamera kemana-mana
  • Baca buku

Dailies

  • Meditasi minimal 10 menit
  • Bersih-bersih rumah
  • Olahraga maksimal 30 menit
  • Minum supplements
  • Minum 2 liter sehari

To do 

  • Bersihkan taman depan
  • Buang barang tak terpakai
  • Nyuci motor
  • Bayar PBB

Memikirkan semuanya di depan membebaskan saya dari pilihan-pilihan yang menurut saya tidak perlu. Jika saya bingung ngapain, tinggal buka handphone dan pilih kegiatan yang sudah saya pikirkan sebelumnya. Kegiatan yang sebelumnya saya pilih tentu lebih baik daripada kegiatan yang impulsively saya lakukan.

It is not enough to be busy. So are the ants. The question is: What are we busy about? 

– Henry David Thoreau

Sebagai insentif, saya mendapatkan semacam poin jika berhasil menyelesaikan aktivitas tertentu. Misal: saya mendapatkan poin 15 jika saya selesai membersihkan taman depan. Poin-poin ini bisa ditukar dengan insentif, misal saya mau beli kamera baru. Sama seperti saat main games, insentif kecil ini lama kelamaan bisa bikin kecanduan. Saat menunggu lift, hanya karena ingin mendapatkan poin, saya impulsively pakai tangga darurat. Kemampuan untuk merubah impulse dari hal negatif ke hal positif yang membuat saya menerapkan sistem ini. 

Semua cara diatas diterapkan agar saya bisa konsisten dan kegiatan-kegiatan tersebut manageable in the long run. Ada yang mau sharing tips dan trik soal produktivitasnya di awal tahun? 

4 thoughts on “2017: Saatnya Menjaga Produktivitas

  1. Wah..wah…
    Ente lebih organized dari ane gan!
    Tapi aku pun sedang berusaha berbenah. Tahun yang baru, awal yang baru untuk positive habits yang baru.
    Mau coba nerapin minimalism mulai dari rumah. Aku dan istri dari dulu punya penyakit impulsive buying. Beli sesuatu kadang suka nggak mikir. Akhirnya rumah penuh dengan barang-barang yang nggak begitu penting. Saat mau buang atau jual atau hibah, sering nggak tegaan.

    Anyway, we have to find our own hacks, right?

    Liked by 1 person

Leave a Reply

