HowTo: Flow Edit Foto di Handphone

Halo all,

Lama saya tidak post karena, tidak lain dan tidak bukan, males. Jk. Sibuk ngejar 1000 posting di EyeEm.

Kali ini saya akan share tools yang saya pakai saat edit foto di handphone. Saya lancar pakai Photoshop tapi tidak punya laptop yang mumpuni untuk sekedar edit foto 12 MP. Jadi saya pakai handphone yang ternyata lebih mumpuni. Jika di post-post dahulu saya memuja VSCO, sekarang saya pindah kiblat ke app yang lebih netral yaitu Snapseed. Dan karena saya suka foto yang minimalis, saya pasang app SKRWT juga.

Beberapa waktu lalu, saya training di Astra AMDI. Di lantai tempat training, ada balkon yang langsung menghadap ke tempat parkir. Tempat parkir sengaja dibuat dengan teralis agar bougenville (CMIIW) bisa merambat. Unik karena bukannya malah terlihat go green, tempat parkirnya malah terlihat seperti tempat parkir yang tidak terurus dan ditumbuhi -tanaman merambat liar. Haha. Ini foto sebelum saya edit:

img_20170127_114600
Sengaja diambil begini :D. Perhatikan tembok yang paling kanan. Tembok lurus tersebut nantinya yang jadi patokan untuk meluruskan tembok-tembok lain. Gambar terlihat ini miring karena keterbatasan angle, lensa, perspektif dan lain-lain. Hahaha. Ini saya ambil pakai handphone.

Sebelum foto mengambil foto ini, saya sudah terlebih dulu ambil foto objek ini tapi dengan angle yang berbeda (cek disini dan disini). Saya pikir hasil fotonya masih bisa lebih keren. Jadi, saya terlebih dulu memikirkan hasil akhir dari foto ini. Pertama, saya suka dengan foto yang modern minimalis (Om Andre Dogbey sangat menggambarkan genre ini). Lalu, saya ingin agar bunga-bunganya jadi point of interest di foto tersebut.

Langkah-langkah edit-nya adalah:

  1. Foto mentah masuk ke app SKRWT. App ini berguna untuk meluruskan garis-garis miring dengan fitur perspective yang super powerful dan akurat. Saya tinggal meluruskan dua tiang dengan tembok lurus yang ada di paling kanan. Jika diperhatikan, ada pohon palem di awal foto yang hilang di foto jadi karena seharusnya memang di luar frame. Lalu jumlah lantai yang awalnya adalah 5, berkurang jadi cuma 4. Haha, alasannya karena memang di luar frame. Kemudian, foto saya impor ke Snapseed.
  2. Di Snapseed, saya mengatur brightness, contrast, saturationetc. Saya memakai selective tools untuk seleksi semua warna hijau pada daun dan menurunkan contrast dan saturation-nya. Ini gunanya agar daun-daun tidak terlalu mencolok dan blend in dengan background. Bangunannya juga saya beri treatment yang sama. Warna hijau daun dan biru bangunan jadi lebih saturated / bleak. Sebaliknya, saya memakai selective toolsuntuk menaikkan saturation dan contrast-nya. Proses ini berguna agar point of interest lebih mencolok.
  3. Saya juga menaikkan temperature/tint sehingga ada sedikit warna magenta di langit yang putih mendung. Ini trik agar foto terlihat vintage-ish.
2017-jan-27_12-00-12_1485493239486-01
Voila! Bukan sulap bukan sihir, gedung miring bisa jadi tegak -___-

Hasil jadinya lumayan kalo cuma buat posting di medsos -___-.  Dengan tools yang sama, saya juga bisa membuat surfer wannabe ini pindah ke dimensi alternatif dimana semua manusia punah terkena zombie apocalypse.

surver

 

bersih-bersih-kampung
Atau bersih-bersih sampah di sungai sampai ke kampung-kampungnya -__-

Oke, silahkan jika ada yang mau share soal tools edit di handphone yang powerful dan/atau ada yang mau ditanya. Tulisan kali ini sengaja ditulis kurang jelas begini, tujuannya agar ada yang nanya. Jangan ragu tulis komentar di bawah ya karena blog ini sepi kalo kamu gak komen -__-

4 thoughts on “HowTo: Flow Edit Foto di Handphone

Leave a Reply

